Wabup dan Forkopimda Buka Lounching Kampung Sehat

oleh -19 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Rabu(22/7/2020) Wakil Bupati (Wabup) Hj. Yulis Suti Sutri, SKM bersama Forkopimda buka lounching kampung sehat di Desa Pasar Saoh Komplek perumahan palak gilik Kecamatan Kaur Selatan. Desa ini merupakan binaan Polsek Kaur Selatan Polres Kaur Polda Bengkulu. dengan mengusung tema ‘Bersama kita jaga ketahanan pangan daerah dengan pemanfaatan lahan disekitar tempat tinggal kita’.

Kegiatan dihadiri,Bupati Kaur, diwakili Wabup Hj. Yulis Sutisutri, S.KM,Kapolres Kaur AKBP Puji Prayitno,S.IK,MH. Waka Polres Kompol Hanny Junianto,Ketua DPRD Kaur, Diana Tulaini,PJU Polres Kaur,Para Kapolsek Jajaran,Camat Kaur Selatan serta Seluruh Kades, se- Kecamatan Kaur Selatan dan Tetap

Penyampaian Ketua Forum Kades Kecamatan Kaur Selatan,bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari pihak Polres Kaur dalam hal ini, Polsek Kaur Selatan, Camat Kaur Selatan,Camat Tetap dan Para Kades. kegiatan ini di laksanakan untuk menjaga agar Desa tidak kekurangan ketahanan Pangan dan antisipasi menyebarnya Pandemi covid-19 dimana masyarakat Desa Pasar Saoh sudah menanam berbagai sayuran serta tempat cuci tangan sudah di sediakan di masing – masing rumah warga.

Selain itu juga kegiatan akan di lanjutkan memanen Kacang Tanah yg sebelumnya sudah ditanam sejak awal situasi _covid-19_. Selanjutnya, akan di lepas bibit benih Ikan Lele sebanyak 3000 ekor

Penyampaian Waka Polres Kaur,Inovasi ini dilakukan atas Instruksi Kapolri untuk membuat suatu program pencegahan pandemi yang memerintahkan setiap Polda melakukan penanganan terhadap COVID-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi.

Polres Jajaran ditekankan agar dapat bekerjasama dg Pihak terkait dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Kaur dengan cara melakukan berbagai terobosan untuk membentuk Kampung Berseri (Bersih, Sehat dan Mandiri), Kampung Sehat ini merupakan upaya melawan corona berbasis lingkungan Desa, dimana Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan corona. Saat memasuki kampung ini masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan COVID-19 yang ketat, yakni mencuci tangan dengan sabun, wajib menggunakan masker, pemberlakuan jam malam dan tersedianya rumah karantina.

Masyarakat pun dilibatkan dalam pembentukan deretan kampung ini, semua unsur atau stakeholder harus dilibatkan, tak terkecuali masyarakat yang menjadi ujung tombak dalam inovasi ini. sebaik apapun program tanpa partisipasi masyarakat, tidak akan sukses dan bermanfaat.

Penyampaian Wakil Bupati Kaur, tujuan dibentuknya Kampung Sehat tersebut adalah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di seluruh Desa wilayah Kabupaten Kaur. Pada prinsipnya Pemda Kaur sangat mengapresiasi dan mendukung program tsb dg memamfaatkan lahan tidur menjadi produktif dalam situasi saat ini, sehingga dapat ditiru oleh Desa yg lain.

Harapannya agar para relawan di posko-posko yg ada di Desa dapat memberikan pemahaman sekaligus edukasi pada warga di sekitarnya terkait langkah-langkah pencegahan penularan virus Corona, Sehingga Kab. Kaur tetap berada dalam Zona Hijau.

Selanjutnya, Lounching dilakukan Pemotongan Pita secara simbolis oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kaur. Kegiatan dilanjutkan dg Pelepasan Benih Ikan Lele sebanyak 3000 ekor dan Pemanenan Kacang Tanah, Rangkaian kegiatan selesai sekira Pukul 11.00 WIB berlangsung dalam keadaan aman daln lancar

Giat dilakukan sampai dengan selesai mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *