Tumpas Babi, Pemda-Dispertan Kaur Undang Porbi Sumbagsel dan Sumbar

oleh -35 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Bupati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, M.AP semakin serius tumpas hama babi yang meresahkan petani. Pemda bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, Minggu (24/11/2019) gelar berburu masal. Tidak tanggung-tanggung, berburu masal kali ini mengikutsertakan Persatuan Buru Babi (Porbi) se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Sumatera Barat (Sumbar).

Kompak
KOMPAK: Porbi Kabupaten Kaur kompak bersama Porbi dari provinsi dan kabupaten tetangga dalam kegiatan buru masal di Kabupaten Kaur sebelum berburu dimulai.

Buru masal dipimpin langsung Bupati Kaur, Gusril Pausi S. Sos, M.AP dan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Kaur, Nasrur Rahman, S. Hut, M. Si. Kelompok Porbi dari berbagai daerah tetangga dan Provinsi diwilayah Sumbagsel ikut ambil bagian. Porbi dari daerah mulai berdatangan sejak Sabtu (23/11/2019). Sebelum bergerak mengejae babi hutan, seluruh peserta buru masal berkumpul dihalaman parkir DPRD Kaur guna mendengarkan arahan bupati.

Buru masal ini diikuti FKPD, kepala OPD, ketua Porbi Kabupaten Kaur serta masyarakat setempat. Pelepasan Porbi dilakukan langsung oleh bupati didampingi Kadis Pertanian. Dalam arahannya, bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kelompok Porbi dari berbagai daerah, kabupaten maupun provinsi tetangga. Kegiatan berburu masal ini, bukan hanya semata untuk menjalankan hobi. Namun, tentunya sebagai wujud kebersamaan Porbi dalam membantu petani mengatasi hama babi yang kerap menjadi momok menakutkan.

Semangat
SEMANGAT: Bupati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, M.AP semangat bersama Porbi dikegiatan buru masal di Kabupaten Kaur yang diikuti Porbi Sumbagsel dan Sumbar.

“Selamat datang di Bumi Se’ase Seijean. Melalui berburu masal ini, silaturrahmi antar Porbi semakin baik. Bukan hanya mengikuti kehobian, namun juga untuk membantu petani mengatasi serangan hama babi yang merugikan. Dalam berburu, seluruh peserta agar berhati-hati, menjaga keselamatan diri dan anggota yang lain,” ujar bupati.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Kaur, Nasrur Rahman mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Porbi. Hari ini, Porbi dan pemerintah daerah Kabupaten Kaur mengundang kelompok Porbi dari berbagai daerah. Ke depan, sebagai wujud solidaritas dan kebersamaan, Porbi Kabupaten Kaur juga akan hadir memenuhi undangan dari daerah tetangga.

“Dinas Pertanian Kabupaten Kaur memfasilitasi kegiatan buru masal ini yang bertujuan memberi rasa aman bagi petani atas hama babi yang terus menebar teror menakutkan. Dinas Pertanian selama ini berupaya keras menyalurkan bantuan kepada Porbi berupa peralatan maupun alat tangkap berburu,” ujar Nasrur Rahman, S. Hut, M. Si didampingi ketua Porbi Kabupaten Kaur, Najamuddin.

Hadir dalam kegiatan buru masal kali ini, Porbi Provinsi Bengkulu, Palembang, Lampung dan Padang. Porbi datang dengan peralatan lengkap, tombak, jaring serta anjing buru yang memiliki kemampuan dalam mengejar dan menaklukan babi hutan.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *