Tipu Warga Tj Betung II, Pria Tebing Rambutan Dibekuk Polisi

oleh -2 views

E-BENGKULU.COM, KAUR UTARA – Polsek Kaur Utara berhasil menangkap pelaku penipuan bahan bangunan Sa (30) warga Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal, pukul 23.30 WIB Rabu (16/5). Pelaku yang dilaporkan oleh korban Supratman (37) warga Desa Tanjung Betung II Kecamatan Kaur Utara, tanggal 15 Maret lalu ditangkap saat asyik main domino di halaman rumah tetangganya di Desa Tebing Rambutan. Pelaku tidak memberi perlawanan kepada polisi saat ditangkap. Penangkapan pelaku penipuan ini dipimpin langsung Kapolsek Kaur Utara, Ipda Tomson Sembiring, SH bersama kanit Reskrim Bripka Bambang Heringge, SH.

Data terhimpun, penangkapan terhadap pelaku penipuan ini berdasarkan Laporan Polisi (LP) yang disampaikan oleh korban Supratman. LP dengan nomor LP/141-B/III/2019/Bengkulu/Res Kaur/Sek KU tanggal 15 Maret lalu. Pelaku sempat menghilang setelah dilaporkan korbannya. Pelaku melakukan aksi penipuan dan penggelapan terhadap korban.

Pelaku melakukan aksi kejahatannya dengan modus, pura-pura menjualkan bahan material toko bangunan milik korban. Pelaku datang ke toko bangunan korban mengajak barter barang material. Pelaku menjanjikan akan memberikan seng merek angsa mas kepada korban sebanyak 20 kodi, selain itu pelaku juga menjanjikan paku berbagai ukuran sebanyak delapan dus. Barang tersebut akan diantar paling lama empat hari. Kemudian, pelaku meminta barang tukar dari toko bangunan korban berupa pipa paralon merek calvanis sebanyak 51 batang, satu buah tedmo air ukuran 1.000 liter, 30 sak semen padang ukuran 50 Kg. Total harga barang yang diambil oleh pelaku sebesar Rp 9.825.000. empat hari ditunggu, pelaku tidak kunjung datang mengantar barang berupa seng 20 kodi dan delapan dus paku berbagai ukuran seperti yang dijanjikan. Bahkan, korban semakin dibuat pusing oleh pelaku. karena secara diam-diam, pelaku memanfaatkan nama toko bangunan korban untuk mengorder semen padang sebanyak 200 sak kepada Abeng (koperasi keluarga semen padang) di Kota Bengkulu. Abeng datang ke toko bangunan milik korban untuk menagih order semen yang dilakukan oleh pelaku tanpa sepengetahuan korban. Total tagihan semen 200 sak dari koperasi keluarga semen padang mencapai Rp 10.500.000.

“Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik. Tersangka dititipkan di sel tahanan Polres Kaur, namun penanganan perkaranya tetap dilakukan oleh Polsek Kaur Utara. Tersangka dikenakan pasal 378 dan 372 KUHPidana dengan ancaman pidana kurungan penjara empat tahun,” ungkap Kapolsek Kaur Utara, Ipda Tomson Sembiring, SH.(wnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *