Tingkatkan SDM, Aur Ringit Pelatihan Siskeudes

oleh -1 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – Pemerintah Desa Aur Ringit Kecamatan Tanjung Kemuning gelar pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Pelatihan bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa. Dengan pelatihan ini, ke depan aparatur desa khususnya bendahara dan Tim Pengelolah Kegiatan (TPK) semakin menguasai sistem pelaporan secara online.

Pelatihan menghadirkan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur. Peserta berasal dari Sekdes, bendahara, TPK dan BPD. Kegiatan digelar selama sehari penuh dengan langsung menghadapi komputer. Penyusunan laporan dan perencanaan secara online nantinya akan memudahkan masyarakat mengakses informasi desa.
Pelarihan Siskeudes sangat penting demi kemajuan SDM desa yang semakin berat memghadapi berbagai persoalan. Oleh karenanya, pengelolaan Dana Desa (DD) dikemudian hari akan semakin membaik. Transparansi dan keterbukaan akan menciptakan kondisi desa yang lebih kondusif. Disamping itu, Siskeudes akan meminimalisir adanya pelanggaran atau penyalahgunaan anggaran desa.

“Pelatihan Siskeudes merupakan bagian dari pelaksanaan DD, untuk meningkatkan SDM yang baik dalam pengelolaan anggaran desa,” ujar Kades Aur Ringit, Risiman kepada e-bengkulu.com, Jumat (8/2).

Pelatihan Siskeudes dibiayai oleh DD tahap 3 tahun anggaran 2018. Untuk lebib meningkatkan SDM yang lebih handal, akan kembali diupayakan kembali digelar tahun ini. Tujuannya, agar semua aparatur desa mampu mengendalikan aplikasi Siskeudes. Sehingga, pelaksanaan DD akan terus membaik dan tepat sasaran. Akses online yang sangat mudah dibaca oleh masyarakat akan membuka peluang pengawasan yang lebih ketat lagi.

“Pentingnya pelatihan ini perlu adanya penganggaran yang lebih. Sehingga, pelatihan dapat diberikan lebih dari satu kali setiap tahunnya,” ungkap Risiman.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *