Tingkatkan Peran, 45 Kader Desa Pelatihan

oleh -57 views

MAJE, E-BENGKULU.COM – Selasa (12/11/2019) 15 desa se-Kecamatan Maje gelar pelatihan di Balai Desa (Baldes) Bakal Makmur. Pelatihan digelar hingga tanggal 16 November mendatang. Peserta pelatihan berasal dari Kader Tekhnis Desa (KTD), Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

45 peserta hadir mengikuti pelatihan yang diberikan narasumber. Pelatihan teori dan praktek langsung. Pelatihan dibuka oleh Camat Maje, Anshari, S. Sos. Masing-masing desa mengirim tiga orang kader yang menjadi peserta.

Dalam arahannya, Camat Anshari, S.Sos menegaskan, pelatihan kader ini sangat penting. Tujuannya, agar mereka dapat bekerja sesuai dengan aturan dan menjalankan fungsi dengan baik. Sehingga, dalam pengalokasian Dana Desa (DD) di desanya mereka dapat membimbing, mengawasi hingga memberikan arahan bila terjadi hal yang belum tepat.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, apalagi selama ini pelatihan serupa belum ada di gelar di Kecamatan Maje,” ujar camat usai membuka acara.

Sementara itu, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Maje, Mestri Jemilia, S. Kom mengatakan, kegiatan dilangsungkan selama lima hari mulai kemarin hingga 16 November mendatang. Pelatihan ini mulai dari teori hingga praktek yang melibatkan tiga kader dalam satu desa. Sehingga, jumlah peserta dari desa sebanyak 45 orang.

“Ada 15 desa di Kecamatan Maje yang ikut dalam pelatihan ini, selain teori mereka juga diberikan praktek,” ujarnya.

Lima belas desa yang ikut pelatihan, yakni Desa Kedataran, Tanjung Ganti, Air Jelatang, Bakal Makmur, Air Long, Sumber Harapan, Muara Jaya, Wayhawang, Suka Menanti, Tanjung Agung Tanjung Beringin, Tanjung Baru, Sinar Mula, Arga Mulya dan Tanjung Aur. Selain diberikan materi peserta juga diberikan atribut berupa kaos serta perlengkapan lain dalam mengikuti latihan.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *