Teken MoU, KPU – Kejari Kaur Sukseskan Pilkada

oleh -96 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dalam rangka mensukseskan tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kaur 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bintuhan. Kerjasama dituangkan dalam penandatangan kesepakatan bersama antara Ketua KPU Kaur dengan Kepala Kejaksaan Negeri Bintuhan.  Pelaksanaan penandatangan MoU tersebut digelar di aula Kejaksaan Negeri Bintuhan pukul 10.00 WIB Senin (24/2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur Meixxy Rismanto,SE melalui anggotanya Irpanadi,S.IKom mengatakan bahwa penandatangan MoU dilakukan terkait kerjasama dalam menghadapi sengketa Pilkada. Yakni dibidang perdata dan tata usaha negara.

“Alhamdulillah kerjasama KPU dengan Kejaksaan dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020 terkait kesepakatan bersama dalam bidang penanganan sengketa perdata dan tata usaha negara. Artinya jika selama.proses tahapan pilkada ini ada sengketa maka pihak kejaksaan yang akan menjadi pengacara KPU,” ujar Irpanadi usai kegiatan

Lanjut Irpanadi, setelah MoU diteken maka KPU akan menindaklanjutinya dengan memberikan kuasa kepada Kejasaan Negeri Bintuhan. Kemudian akan selalu berkoordinasi terkait persoalan jika ada potensi sengketa.

“Penandatanganan kesepakatan bersama diteken langsung Ketua KPU dan Kepala Kejaksaan Negeri. Kita berharap selama.proses pilkada ini tidak ada sengketa. Sehingga sesuai dengan harapan masyarakat pilkada berjalan dengan lancar dan aman. Sehingga terwujud pilkada yang berintegritas dan berkualitas,” terang mantan jurnalis ini dengan ramah.


Ditambahkanya, masa berlaku kerjasama selama dua tahun sejak ditandatangani. Kemudian dapat diperpanjang selagi memang masih dibutuhkan. Namun prosesnya dilakukan perpanjangan diajukan tiga bulan sebelum berakhirnya MoU yang masih berlaku.

“Kami menyambut baik dan berterimakasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Bintuhan yang sangat open dan benar benar ingin ikut berperan dalam mensukseskan pilkada. Sebab menurutnya proses tahapan pilkada sangatlah rentan dengan gugatan atau sengketa. Maka kejaksaan sesuai regulasi juga memiliki peran dalam membantu KPU yang merupakan lembaga nasional yang mandiri dan berkekuatan hukum,” demikian Irpanadi.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *