Tampung Aspirasi Warga, Bappeda Musrenbangcam

oleh -22 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Musrenbangcam Kecamatan Maje berjalan sukses. Dalam acara ini menghasilkan rangkuman usulan skala prioritas. Diantaranya bidang ekonomi, sosial budaya, infrastruktur dan bidang pemerintahan. Acara digelar Rabu (12/2/2020) ini dihadiri unsur Tripika kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, para Kepala Desa (Kades), BPD dan unsur masyarakat lainnya.

Musrenbangcam dibuka langsung oleh Camat Maje, Anshari, S. Sos. Hadir dalam kegiatan ini, Bappeda Kaur, Dinas PUPR, Dinas PMD dan kepala OPD yang terkait perencanaan pembangunan.

Musrenbang
MUSRENBANG: Peserta Musrenbangcam antusias mendengarkan usulan dan penyampaian draf perencanaan pembangunan.

Dalam sambutannya, Camat Maje, Anshari, S. Sos mengatakan, Musrenbangcam ini adalah untuk menampung semua aspirasi masyarakat dalam penyusunan draf rencana pembangunan yang dibiayai APBD. Kecamatan Maje memiliki 19 desa yang tersebar luas diwilayah kecamatan. Semua membutuhkan pembangunan yang bertujuan meningkatkan perekonomian.

Musrenbangcam merupakam satu kesatuan perencanaan pembangunan nasional. Sehingga, pelaksanaannya nanti akan tepat guna dan menyentuh akan kepentingan masyarakat. Oleh karenanya, perencanaan ini melibatkan masyarakat secara langsung.

Melalui Musrenbangcam ini pula, sistem perencanaan pembangunan nasional dilakukan pemerintah. Bersama pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah dan Dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki Daerah, sesuai dinamika perkembangan daerah.

Musrenbangcam juga merupakan  forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah wilayah Kecamatan.
Lanjut camat, tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Musrenbangcam adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kerja kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan dan untuk membahas dan menyepakati kegiatan prioritas diwilayah Kecamatan prioritas pembangunan Desa.

Selain itu menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan berdasarkan tugas, pokok dan fungsi OPD serta membahas dan menyepakati tim delegasi kecamatan untuk mengikuti forum OPD/ gabungan OPD dan Musrenbang RKPD tingkat kabupaten.

Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Murenbangcam, yakni tersusunnya rekapitulasi usulan kegiatan desa dan kelurahan berdasarkan bidang dan kegiatan. Ditetapkannya usulan prioritas hasil Musrenbangdes berdasarkan kriteria layak dan rencana pembiayaan serta dibahas dan disepakatinya daftar peringkat usulan prioritas berdasarkan bidang dan kegiatan untuk Perencanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2020.

Diakhir Sambutannya, beliau berpesan agar jangan sampai ada tumpang tindih pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan di desa. Untuk itu perlu di musyawarahkan dalam Musrenbangcam ini. Kita juga harus berperan sesuai tugas pokoknya masing- masing jangan sampai ada yang berperan ganda. Jalani sesuai profesinya, agar hasil pembangunan bisa lebih maksimal. Sebab, keberhasilan pembangunan perlu dukungan dari semua pihak, tutup camat.

Acara dilanjutkan penyerahan rekapitulasi berkas ke masing-masing peserta yang dirangkum oleh Bapedda dan LitBank Kabupaten Kaur.(Adv/kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *