Syarat Cakada Jalur Perseorangan Sangat Sulit

oleh -26 views

BINTUHAN, E-BENGKULU.COM – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai digelar. Dalam waktu dekat KPU Kaur akan umumkan syarat Calon Kepala Daerah (Cakada) jalur perseorangan. Tahapan Pilkada akan dimulai tanggal 26 Oktober sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang jadwal tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil wali kota.

Syarat Cakada jalur perseorangan miniman 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir yakni tanggal 17 April 2019 lalu. Dukungan berupa KTP elektronik dan diserta surat pernyataan materai Rp 6.000 pemilik KTP elektronik. Sedangkan, surat keterangan domisili dari dinas terkait tidak masuk dalam persyaratan. Artinya, surat keterangan tidak dapat dijadikan bukti dukungan bagi Cakada jalur perseorangan. Selain itu, jumlah persebaran KTP elektronik dukungan minimal 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di daerah masing-masing.

Cakada jalur perseorangan juga harus lebih ekstra hati-hati, satu KTP elektronik hanya berlaku untuk satu Cakada. Kemudian, KTP elektronik yang tanpa dilengkapi dengan surat persetujuan pemiliknya dinyatakan tidak sah sebagai dukungan terhadap Cakada. Oleh karena, itu Cakada perseorangan harus benar-benar memahami aturan yang dituangkan dalam PKPU tentang persyaratan.

Ketua KPU Kaur, Miexxy Rismanto, SE melalui bidang tekhnis, Irpanadi, S. Ikom menjelaskan, syarat Cakada jalur perseorangan cukup berat. Oleh karena itu, dapat mencari informasi langsung ke sekretariat KPU Kaur atau melalui website resmi KPU.

“Syarat Cakada jalur perseorangan paling lambat diserahkan ke KPU tanggal 11 Desember 2019. Kemudian, akan diverifikasi dan difaktualkan langsung dilapangan. Hasil verifikasi akan diumumkan sesuai jadwal yang ditetapkan KPU,” ujar Irpanadi.

Cakada yang maju melalui partai politik akan dibuka bulan Juni mendatang, sedangkan Cakada jalur perseorangan akan diumumkan pada bulan Juli. Pasangan Cakada akan memiliki waktu singkat untuk kampanye, mengingat pada tanggal 23 September 2020 akan digelar pemungutan suara serentak.(kif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *