Susun Program Prioritas, DPMD Kaur Kumpulkan Kades

oleh -23 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Senin (18/11/2019) pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur sosialisasikan prioritas penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Acara digelar diaula Gedung Serba Guna (GSG) Padang Kempas Bintuhan. Sosialisasi diikuti seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kaur.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Kaur Gusril Pausi S. Sos, M.AP. Selain itu hadir pula FKPD, Kepala OPD, Camat, Pendamping Desa dan undangan lain. Dalam arahannya, bupati menyampaikan beberapa hal kepada peserta sosialisasi.

Dengan di tetapkannya Peraturan Menteri (Permen) Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigransi NO. 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Kaur tahun 2016-2021. Sosialisasi ini adalah untuk membuka wawasan kepala desa dan ketua BPD tentang prioritas pengguna dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2020 dan untuk meningkatkan penggunaan dan pengelolaan dana desa.

Sementara itu dalam sambutannya kepala Dinas PMD Kaur, H. Asmawi, S. Ag, MH mengatakan, tujuan dari kegiatan ini menitik beratkan pada program prioritas yang dinilai penting untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat desa. Utamanya, dari sisi inovasi pembangunan dan penggunaan lainnya. Saat ini, penggunaan DD dan ADD untuk Kabupaten Kaur, dinilai masih belum menyentuh taraf menyejahterakan masyarakat desa, karena lingkupnya masih dalam pemenuhan sarpras di desa.

Adapun garis besar prioritas penyusunan APBDES Tahun anggaran 2020 untuk program sebagai berikut:
1. Program hasil kometmen bursa inovasi desa.
2. Program stunting di desa.
3. Program peningkatan sumberdaya manusia masyarakat dan desa.
4. Program peningkatan sumberdaya manusia pemuda pemudi desa.
5. Program peningkatan sumberdaya manusia Kepala Desa,Perangkat Desa dan BPD.
6. PArogeam kaur terang.
7. Progaram tentan pasilitas dan pengembangan pemahaman tentang hukum khusus nya tentang pidana korupsi bagi masyarakat.
8. Program pengadaan Website Desa bagi yang belum memiliki.
9. Program Fasilitas tenaga dan operasional LINMAS,PKK, POSYANDU, PAUD, KPM, KPMD,KTD Dan lembaga yang ada di desa lain nya.
10. Progran pengembangan usaha ekonomu desa.
11. Program pencegahan penyalah gunaan Narkoba.
12. Program tentan perlindungan anak perempuan dan Poskesos.
13. Program yang berhubungan dengan tranparansi program pembangunan desa.
14. Program Pilkades tahun 2020 bagi Desa yang mengadajan Pilkades dianggarkan melalui alokasi dana Desa.
15. Program fasilitas insentif guru ngaji,imam,khatib dan grahim dianggarkan melalui dana desa.

~Diharapkan setelah diadakan sosialisasi ini kepala desa beserta ketua BPD Sekabupaten Kaur dapat mengaplikasikan  pengetahuan nya dalam merancang dan menyusun RAPDESA, APBDESA.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *