Sulauwangi Disuluh Hukum, Tingkatkan Kesadaran Warga

oleh -3 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – Ratusan warga Desa Sulauwangi Kecamatan Tanjung Kemuning, Senin (20/5) disemprot jaksa. Selain jaksa, warga juga diceramahi oleh Kapolsek Tanjung Kemuning. Pukul 15.00 WIB hingga berbuka puasa bersama, warga desa antusias mengikuti sosialisasi hokum yang diselenggarakan oleh pemerintah desa. Dengan tema peningkatan kemampuan masyarakat dan desa dalam menyelesaikan persoalan tanpa jalur pengadilan.

Dalam sosialisasi tersebut, hadir jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur dan Kapolsek Tanjung Kemuning sebagai narasumber. Acara juga diisi dengan sesi Tanya jawab untuk member pemahaman yang lebih kepada warga desa. Semua pertanyaan dijawab dengaan baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing narasumber.

“Ya, sosialisasi hokum seperti ini dipandang penting dalam upaya peningkatan kemampuan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi tanpa melalui jalur pengadilan,” ujar Pjs Kades Sulauwangi, Lili Hayati, SH, Senin (21/5).

Dikatakan Lili, bertepatan dengan bulan puasa, kegiatan sengaja dilaksanakan sore. Sehingga, dilanjutkan dengaan buka bersama sekaligus makan malam. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat pengalaman baru serta pengetahuan terkait hokum. Sehingga, jika ada persoalan yang terjadi dapat diselesaikan secara baik ditingkat desa. Tidak semua masalah diselesaikan dijalur hukum saja. Melalui musyawarah mufakat juga dapat diselesaikan dengan baik. Yang terpenting adalah niat dan cara pandang warga bagaimana mencari solusi penyelesainya.

“Sosialisasi hokum seperti ini mestinya jangan hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun. Namun, karena keterbatasan anggaran tentu tidak dapat dilaksanakan secara rutin,” ungkapnya.(wnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *