Suka Tantangan, Ayo Daftar PDPK Pilkada Serentak

oleh -34 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Bawaslu Kaur membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut seleksi calon Pengawas Desa, dan Pengawas Kelurahan (PDPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Persyaratan dan timeline tahapan seleksi sudah dikirim ke masing-masing kecamatan, desa dan kelurahan se-Kabupaten Kaur melalui Panwascam.

Waktu pendaftaran dimulai besok, 16 Februari hingga 21 Februari pada jam kerja. Calon peserta langsung menyampaikam berkasnya ke Sekretariat Panwascam masing-masing. Kemudian, berkas akan langsung diverifikasi. Bagi yang memenuhi persyaratan akan langsung mengikuti seleksi wawancara oleh Panwascam.

Sesuai dengan tahapan, seleksi wawancara dimulai tanggal 16 hingga 22 Februari. Adapun syarat yang dibutuhkan adalah foto copy KTP elektronik, foto copy ijazah terakhir legalisir pejabat yang berwenang, surat pernyataan, surat keterangan sehat dari Puskesmas atau rumah sakit pemerintah serta daftar riwayat hidup, peserta berusia minimal 25 tahun pada saat mendaftar. Peserta juga dapat melampirkan pengalaman relevan dengan bidang kepemiluan sebagai bahan rujukan nilai tambahan bagi peserta. Berkas dibuat rangkap tiga, satu rangkap asli dan dua rangkap salinan foto copy.

“Bawaslu membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin bergabung menjadi PDPK pada Pilkada serentak 2020. Seleksi dilakukan oleh Panwascam masing-masing,” ujar ketua Bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo, S. Sos.

Bagi yang lulus seleksi akan ditetapkan sebagai PDPK dan dilantik pada akhir bulan Maret mendatang. Masing-masing desa akan diambil satu orang yang ditetapkan sebagai PDPK. Untuk Kabupaten Kaur, ada 192 desa dan tiga kelurahan.

Putra-putri terbaik ini nantinya akan.brrgabung bersama Bawaslu sebagai badan adhoc pengawasan pemilu. PDPK melaksanakan tugas kurang lebih tujuh bulan ke depan. Pada saat pemungutan suara nantinya akan dibentuk pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *