Sosialisasi Tahapan Rikkes Cabup-Cawabup Tanpa Dihadiri Parpol Pengusung

oleh -18 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – KPU Kaur gelar sosialisasi tahapan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) bagi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), Selasa (1/9/2020). Kegiatan digelar KPU di Aula K Hotel Bintuhan. Namun sayang hanya satu Parpol yang hadir dalam sosialisasi ini.

Dari 12 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Kaur mengusung Cabup dan Cawabup pilihannya. Hanya Partai Golkar yang konsisten terhadap undangan sosialisasi KPU. Padahal kegiatan sangat penting menyangkut tahapan Rikkss bagi kandidat usungan partai.

Kegiatan dibuka langsung ketua KPU Kaur, Miexxy Rismanto, SE didampingi komisioner, Sirus Legiyati, S. Pd, Radius, SP, Irpanadi, S.IKom, Yohardi dan kepala sekretariat KPU, Drs. Sunarsan. Hadir pula, perwakilan Bawaslu Kaur, Gugus tugas Covid-19 serta satu kader partai Golkar.

Dalam penyampaiannya ketua KPU Kaur menyayangkan ketidakhadiran pengurus maupun kader Parpol dalam sosialisasi ini. Tahapan Rikkes tidak dapat dianggap remeh. Sehingga jika nantinya Cabup atau Cawabup hasil Rikkesnya tidak memenuhi syarat akan langsung dicoret dari kepesertaannya sebagai Cabup ataupun Cawabup.

“KPU sudah menjalankan sosialisasi Rikkes terhadap Cabup dan Cawabup. Walaupun parpol pengusung tidak hadir memenuhi undangan,” ujar ketua KPU kecewa.

Penyampaian ketua IDI Kaur Dr, Leppi Agung, W, sejauh ini untuk pemeriksaan kesehatan calon sudah ada landasan hukum tetap. Serta melaksanakan tugas dan kewajiban cek status kesehatan selama 5 tahun untuk calon yang di nyatakan sudah menang, standar SOP dalam pengecekan kesehatan pemeriksaan di lakukan mulai dari ujung rambut sampai ujung kuku.

Setiap calon nanti akan di pertanyakan riwayat penyakit, mulai dari TBC, Ada gejalan penyakit gula, jantung. Serta yang lain seperti Penyakit dalam kronis seperti kolestrol.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *