Sosialisasi Perundang-Undangan, Kecamatan Nasal Undang Pakar Hukum

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Kegiatan sosialisasi peraturan perundang undangan tahun 2021 kamis 08 april 2021 bertempat diaula kantor camat Nasal.

Hadir digiatan acara sosialisasi ini Kasubbag dokumentasi dan informasi hukum dekretaris daerah, diwakili Juprizal Nur Abadi SH. Mh.,waka polres,kejaksaan Negeri,Pengadilan Negeri,camat,Kades sekecamatan Nasal,BPD,Tokoh Masyarakat.

Berdasarkan peraturan Bupati
Mewujutkan kesadaran hukum agar lebih baik dan mendasar patuh dan taat kepada hukum. Ada tiga pemateri dalam kegiatan dari pihak kepolisian narasumber yakni tentang, peraturan dasar hukum UU RI NO 2 tahun 2002 tentang polri. UU RI NO 25 tahun 2009 tentang YAN publik.

Perpres RI NO 87 tahun 2016 tentang satgas”siber”, Pertintah Lisan kapolri kepada jajaran pada hari rabu 2oktober 2016 tentang pelaksanaan operasi bersih dan atau OTT terhadap Pungli yang terjadi dilingkungan Polri, keputusan gubernur Bengkulu nomor Q,405,Inspektorat/2018 tgl 12 september 2018 tentang perubahan keputusan Gubernur Bengkulu nomor X,408’ii/2016 tentang pembentukan satgas saber pungli Provinsi Bengkulu.

Sedangkan, narasumber dari kejaksaan Negri,kejaksaa adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dibidang penuntutuan serta kewenangan lain berdasarkan undang undang yang meliputi bidang pidana uu no,31 tahun 1999 Jo UU.NO.20 tahun 2021, dibidang perdata dan TUN, dibidang ketertiban dan ketentraman umum.

Dan pemateri terakhir adalah pihak pengadilan Negri dengan mensosialisasikan sistem peradilan pidana anak.
Dalam kesempatan ini camat Nasal mengatakan,”kegiatan ini merupakan kesempatan yang bagus untuk semua para peserta baik itu kepala desa,BPD yang hadir dikegiatan ini sebab merupakan sosialisasi UU yang ada di Negara ini tentu kita harus ikut mensosialisasikan ditengah kehidupan bermasyarakat,apa lagi kegiatan ini merupakan bagian dari tugas kepala desa dan Pemerintahan desa agar masyakat bisa mengetahui secara terbuka,harapan kita bersama bisa terwujud”.jelas Siradjudin Aksah.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dikuti secara seksama dan diakhiri sesi tanya jawab dan diskusi bersama narasumber yang ada.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *