Sosialisasi Ops Mantap Praja Nala 2020, Polres Kaur Bimtek Personil

oleh -22 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Bertempat di ruang aula Patria Tama Polres Kaur, Kamis (9/1/2020) gelar sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Operasi Mantap Praja Nala 2020. Acara dipimpin langsung Kapolres Kaur, AKBP Arief Hidayat, S.IK, MH didampingi Waka Polres, Kompol Hanny Junianto, SH, MH pukul 08.30 WIB.

lagu
LAGU KEBANGSAAN: Personil Polres Kaur menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum sosialisasi dan Bimtek.

Hadir dalam kegiatan ini, jajaran Kasat, Kasubag, Kabag serta para Kapolsek dan personil jajaran Polres Kaur. Sosialisasi dan Bimtek dalam rangka menjaga netralitas dan meningkatkan kemampuan personil dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di wilayah hukum Polres Kaur.

Dalam arahannya, Kapolres Kaur menjelaskan, agar personil dalam menjalankan tugas lebih profesional dalam bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku. Bangun kepercayaan dengan masyarakat terhadap kinerja Polri dalam pengamanan Pilkada, serta tidak adanya personil yang terlibat Politik praktis.

Kapolres menekankan, kepada yang membidangi agar mengatur atau mengolah dana anggaran Pilkada sebaik mungkin agar di kemudian hari tidak terjadi duplikasi anggaran. Kesiapan Sarana Prasarana untuk mendukung kinerja Polri yang di antaranya bidang transportasi.

Acara dilanjutkan dengan Bimtek terhadao personil dengan narasumber para Kasat dan Kabag. Kabag Ops menyampaikan, agar kita semua peduli dalam pengamanan Pilkada mengingat tahapan Pilkada saat ini sudah berjalan. Mengingat, keterbatasan anggota apabila nantinya personil dalam melaksanakan tugas lebih exstra agar iklas dalam menjalankan tugas. Kabag ops juga menjelaskan materi Perkap Nomor 1 Tahun 2019 tentang Ops Kepolisian.

siap
SIAP: Para Kasat dan Kabag siap menyampaikan materi Bimtek kepada personil Polres Kaur dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak 2020.

Sementara itu, Kabag Ren menyampaikan, menekankan kepada para personil agar disiplin dalam menjalankan tugas serta saling mengingatkan kepada sesama personil. Penjelasan mengenai pola pengamanan TPS. Netralitas dalam melaksanakan tugas dan membangun kepercayaan serta tidak adanya personil yang terlibat politik atau memihak.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Reskrim memberi arahan dan penjelasan terkait Gakkumdu serda dasar pelaksanaan tugas. Kasat Reskrim juga menjelaskan mengenai tahapan proses Gakkumdu, Hukum Acara, Penanganan Tindak Pidana Pemilu, Laporan, Kajian dan Penyelidikan. Kasat Reskrim juga menerangkan terkait azas dan struktur organisasi Gakkumdu.

Penyampaian Kasat Lantas, pengertian pengawalan Lalu Lintas. Penjelasan pungsi pengawalan, Penjelasan Dasar hukum serta Sasaran Pengawalan Lalu lintas.

Kasat Binmas menerangkan terkait, negosiator serta penjelasan negoisasi. Selanjutnya, Kasat Sabhara menjelaskan, Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut. Larangan untuk tidak mudah terpancing emosi. Tidak melakukan kekerasan kepada pengunjuk rasa dan bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku. Patroli dengan sasaran tempat – tempat rawan guna meminimalisir gangguan Kamtibmas atau pemilu Pilkada

Tidak lepas pula, Kasat Intelkam menyampaikan, terkait tahapan Pemilu. Menginformasikan untuk tahapan Pemilu sudah berjalan sejak Oktober 2019 – Oktober 2020. Tahapan Rekruitmen Panwascam, Rekruitmen PPK, Rekruitmen PPS, tahapan Pilkades di mulai bulan Maret 2020. Agar Kapolsek dan Upllbaket jajaran untuk memetakan Bacakada 13 orang dan BacaKades 115 kades pjs. Jumlah PPS Pilkada 265 TPS dan 55 TPS sulit.

Penjelasan potensi kerawanan rekruitmen penyelengaara Panwascam rentan Pungli di tingkat KPU dan Bawaslu. Calon Independen yang di lengkapi KTP pendukung yang di mungkinkan di palsukan. Tidak Falid dalam dalam mengkompulir jumlah penduduk. Pengumuman nomor urut Bacabup, masa kampanye, masa tenang.

Penjelasan Sasaran Objek, Bakal calon Kepala daerah, Penyelenggara dan Pengawas Pemilu, Masyarakat, Ormas dan Mahasiswa. Penjelasan saran rekomendasi, melakukan penggalang unsur Tomas dan Todat. Melakukan deteksi dan memetakan Bakalcalon. Pengemanan terbuka dan tertutup.

Terakhir, pemaparan Kasi Provam, penjelasan Tugas Pokok Kepolisian, Penjelasan Netralitas. Kewajiban dan Larangan bagi anggota Polri sesuai Perkap No 14 tahun 2011. Acara berakhir pukul 11.45 WIB.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *