Soal Anggaran Covid-19, Pemda Kaur Minta Fatwa Kejari

oleh -35 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Guna mencegah timbuknya polemik dan hukum terkait anggaran penanganan Covid-19, Pemda Kaur minta fatwa Kejari Kaur. Rabu (22/4/2020), Pemda Kaur dipimpin Sekda, H. Nandar Munadi, S. Sos, M.Si gelar rapat terbatas bersama Kejari. Hadir dalam rapat terbatas ini, kepala instansi terkait penanganan dampak sosial ekonomi Covis-19. Para pimpinan FKPD di Kabupaten Kaur.

Kajari Kaur, Tati Vain Sitanggang, SH, MH didampingi Kasi Intelijen, Ahmad Ghufroni, SH, MH hadir langsung dalam rapat. Dalam penjelasannya, Sekda menyampaikan, pembahasan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Kaur hampir rampung. Penyusunan anggaran dilakukan oleh tim gugus tugas penanganan Covid-19. Pemda berkoordinasi dengan Kejari dalam rangka meminta arahan dan petunjuk terkait regulasi penganggaran.

Sehingga, pada saat penggunaan anggaran tidak menimbulkan polemik dan kasus hukum. Dasar penganggaran harus jelas memiliki payung hukum yang kuat. Bukan hanya sebatas penanganan virus namun juga memberi jaminan kepada masyarakat terdampak.

“Ada beberapa item anggaran yang perlu perbaikan. Untuk itu, peu adanya petunjuk agar tidak menyalahi regulasi peraturan keuangan yang berujung pada kasus hukum di kemudian hari,” papar Sekda.

Sementara itu, Kajari Kaur, Tati Vain Sitanggang, SH, MH mengatakan, penganggaran tentunya harus memperhatikan aturan. Jangan ada tumpang tindih yang bisa menimbulkan persoalan hukum nantinya. Anggaran yang disiapkan jangan menimbulkan polemik ditengah masyarakat. Sebab, tujuan pemerintah yang baik guna membantu warga justru berbalik menjadi persoalan hukum.

“Penganggaran harus memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Penggunaannya juga harus transparan dan tepat sasaran. Dengan demikian tidak menjadi polemik ditengah masyarakat. Apalagi, dampak sosial ekonomi akibat Covid-19 sangat besar dirasakan warga,” terang Kajari.

Kabupaten Kaur menyiapkan anggaran penanganan Covid-19. Mulai dari posko induk, posko perbatasan dan tim medis yang disiagakan. Satgas Covid-19 sudah berjalan sebagaimana mestinya. Pencegahan dan sosialisasi terus dilakukan dengan cepat.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *