Siswa PKBM Mekar Sari USBN

oleh -16 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – 45 peserta ujian persamaan paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekar Sari ikut Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN), Kamis (14/3). USBN digelar PKBM pukul 09.00 WIB hingga selesai. Ujian masih menggunakan sistem manual berupa kertas dan pencil dengan lembar jawaban komputer. Selanjutnya, peserta ujian persamaan ini akan bersiap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara online bulan April mendatang. Sebelum digelar USBN, peserta mengikuti kegiatabn gladi bersih sebagai persiapan.

“Ya, hari ini (14/3) peserta ujian paket C mulai mengikuti USBN. Peserta datang dan mengerjakan soal yang diberikan. Soal dikirim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Provinsi Bengkulu. Pengawas ujian dari Dinas Pendidikan Kaur dan penilik sekolah,” ujar ketua PKBM Mekar Sari, Titin Sumarni, S. Pd, M. Pd, kemarin (14/3).

Dikatakan Titin, selain menyelenggarakan ujian paket C, PKBM Mekar Sari juga menyelenggarakan ujian paket A dan B. Bahkan, PKBM ini juga menyelenggarakan pemberantasan buta aksara bagi masyarakat. Disamping itu, PKBM yang tergabung dalam yayasan Mekar Sari juga menyelenggarakan lembaga kursus dan pelatihan. Diantaranya, kursus menjahit dan kursus komputer. Hingga saat ini, sudah cukup banyak alumni PKBM yang meneruskan pendidikan di bangku kuliah dan membuka usaha mandiri. Peran dari PKBM sangat besar menciptakan lapangan kerja bagi pesertanya. Dengan pelatihan dan pendidikan non formal yang diberikan memberi ruang bagi peserta mengembangkan potensi diri.

“Mudah-mudahan, seluruh peserta ujian paket C ini nanti mampu meraih nilai yang maksimal. Sehingga, dapat meneruskan cita-cita yang tertunda. Apalagi, ijazah paket C sudah diakui dan memiliki kekuatan sama dengan lulusan sekolah formal,” ungkap Titin.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *