Sinergi Pemerintah dengan Media Pelatihan Jurnalistik Wujudkan Wartawan Profesional

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, BENGKULU – PWI Provinsi Bengkulu menggelar Pelatihan Jurnalistik yang mengangkat tema “Membangun Perusahaan Media yang Kokoh dan Wartawan yang Profesional”, Kamis (08/04) di Taman Wisata Mangrove Badrika Bengkulu. Pelatihan diikuti oleh 50 orang peserta dan beberapa mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Pelatihan Jurnalistik PWI Provinsi Bengkulu dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, S.E., M.M yang menyampaikan apresiasi kepada PWI Provinsi Bengkulu yang telah menggelar Pelatihan Jurnalistik. “Ikutilah pelatihan dengan serius dan jangan lupa terus aktif berkreatif, inovatif dan kolaboratif karena profesi wartawan membutuhkan kompetensi khusus,” tegas Jaduliwan.

Dilanjutkan materi dari para narasumber yaitu ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni, S.H., M.H yang mengangkat tema “Profesionalitas Wartawan”, Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Sri Hartika, M.Si dengan tema Hubungan Pemerintah dengan Media, Mesrakah??? dan General Manager Media Radar Bengkulu, Syahbandar, S.Pd dengan tema “Membangun Perusahaan Media yang Kokoh”.

Zacky Antoni menegaskan bahwa tugas-tugas jurnalistik tetaplah harus profesional. “Untuk menjaga profesional harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada, yang pertama Undang-undang Pers dan kedua patuhilah Kode Etik Jurnalistik,” pungkas Zacky Antoni.

Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Sri Hartika menambahkan Prinsip Kesetaraan dalam bekerja sama sangat diperlukan diantara media dan pemerintah, karena kedua pihak tersebut merupakan dua sisi yang saling mengisi dan memenuhi. “Pihak Pemerintah membutuhkan peran media sebagai wadah untuk mensosialisasikan apa yang telah dikerjakan kepada masyarakat, dan pihak media sendiri membutuhkan pemerintah sebagai sumber berita,’ tegas Sri Hartika.

Terakhir dilaniutkan oleh narasumber dari pihak media, yaitu Syahbandar selaku General Manager Media Radar Bengkulu mengatakan bahwa membangun media yang kokoh adalah dengan cara memperbanyak pemasukan dari iklan, buatlah tim yang lengkap dengan berbagai macam keahlian, jika ada kritik tetaplah banyak kritik yang membangun.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *