Siapkan Pendampingan Kades, Kader Desa Dilatih

oleh -40 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Kader Tekhnik Desa (KTD), Kader Pembangunan Masyarakat (KPM) dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) ikuti pelatihan. Kegiatan pelatihan diikuti para kader desa se-Kecamatan Tanjung Kemuning, Senin (30/12/2019). Acara dibuka langsung Camat Tanjung Kemuning, Roliansyah, S. Sos. Pelatigan para kader desa ini menghadirkan narasumber berasal dari Tenaga Ahli (TA) tekhnik dari kabupaten. Pendamping Desa(PD) serta pendamping lokal desa.

Latih
KADER: Kader TD, KPM dan KPMD se-Kecamatan Tanjung Kemuning ikut pelatihan peningkatan kapasitas kader desa.

Pelatihan kader desa ini dalam rangka mempersiapkan pendampingan terhadap Kades menyusun program pembangunan jangka menengah. KTD, KPM dan KPMD memiliki peran penting dalam pembangunan desa. Sebagai tenaga ahli desa, tentu kader desa ini patut dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kemahiran.

Penyusunan perencanaan pembangunan yang baik akan mencapai kualitas program dengan baik. Sesuai dengan tema, pendampingan terhadap Kades menuju desa yang maju dan bermartabat. Melalui pelatihan ini pula, diharapkan masing-masing kader mampu menjalankan misinya dengan cepat, tepat dan akurat.

Dalam arahannya, TA kabupaten menyampaikan bahwa, dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa dibutuhkan kemahiran Kades. Guna mendukung Kades, tentu ada para kader yang disiapkan. Kader desa inilah yang menjadi motor penggerak penyusunan perencanaan yang matang sehingga mencapai hasil sesuai harapan bersama.

Ada beberapa acuan dalam penyusun perencanaan pembangunan desa yakni, pembangunan desa dengan pola padat karya murni. Stunting, PAUD, keamanan pangan, pendidikan anak, pencegahan narkoba, pengembangan ketahanan kesejahteraan keluarga, pelatihan, pengembangan produk unggulan.

Pembentukan dan pengembangan BUMDes, Pembangunan dan pengelolaan pasar desa. Pembangunan Embung desa terpadu. Pengembangan desa wisata. Pendayagunaan sumber daya alam dan tehnologi tepat guna. Pengendalian perubahan iklim melalui Mitigasi dan adaptasi. Pencegahan dan penanganan bencana alam. Kegiatan tanggap darurat bencana alam. Sistim Informasi desa. Pengembangan keterbukaan Informasi pembangunan desa serta Pemberdayaan hukum di desa.

Peserta pelatihan kader ini mendapat fasilitas kaos seragam, tas, topi, modul kit, transport dan pembinaan. Acara diisi dengan sesi diskusi umum, peserta yang belum mengerti dapat mengajukan pertanyaan dan meminta kembali dijelaskan secara gamblang.(erw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *