,

Selesaikan Hukum Tanpa Jalur Pengadilan, Desa Sinar Mulya Sosialisasi Hukum

oleh -0 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat dan desa menyelesaikan sengketa hukum tanpa jalur pengadilan, Desa Sinar Mulya Kecamatan Maje sosialisasi hukum, Kamis (5/11/2020).

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari kepolisian Polsek Maje, Kejari Kaur, Inspektorat, Babinsa, BPD dan Kades. Acara dimulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 10.30 Wib. Narasumber menyampaikan materi bergantian. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Penyampaian Kapolsek Maje, Ipda Cahya Tuhuteru, S.Trk peran dari desa harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar terbebas dari penyebaran Covid- 19. Kepada masyarakat harus mematuhi hukum,karena apabila masyarakat tidak mematuhinya akan banyak terjadi masalah.

Kapolsek menyampaikan, masyarakat Desa Sinar Mulya bahwa kasus anak di bawah umur 18, akan dilakukan Dipersi( perdamaian) di kepolisian dan kejaksaan. Kepada masyarakat harus banyak mengontrol anak yang mulai beranjak dewasa agar tidak terlibat kasus tindak pidana. Tentang penyelesaian masalah bisa di selesaikan secara ADR.

Penyampaian perwakilan Inspektorat Kaur, inspektorat berharap agar plaksanaan dana desa dikerjakan oleh masyarakat. Dalam plaksanaan Dana Desa agar kades dan perangkatnya bekerja dengan baik supaya tidak terjadi permasalah.

Penyampaian perwakilan Kejaksaan, agar kasus anak dibawah umur bisa di selesaikan dengan ADR. Penyelesaian kasus yang ringan juga dapat di selesaikan tingkat desa terlebih dahulu.

Bahwa pihak Desa Sinar Mulya dan peserta sosialisasi sudah melakukan protokol kesehatan seperti penyemprotan cairan disinfektan,membuat sarana cuci tangan,memakai masker, dan mengatur jarak duduk.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *