Sambut Ramadhan, Pemkab Kaur Raker Lintas Sektor

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Jum’at, 09 April 2021 pukul 13.30 WIB bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Komplek Perkantoran Padang Kempas Kabupaten Kaur dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Selama Bulan Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kaur Tahun 2021/1442 Hijriah.

Kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh Sekda Kabupaten Kaur Nandar Munadi, S. Sos, M. Si, Diikuti oleh Plt. Asisten I dan Kabag Kesra Robi Antomi, S.Pi, Ka BPBD, Ujang Syaferi, Ketua MUI Kabupaten Kaur Wahyu Datsi, Kasat Intelkam Polres Kaur Iptu Tomson Sembiring, SH. Perwakilan Dinas/Badan/Kantor Se-Kabupaten Kaur, Camat Se-Kabupaten Kaur, Perwakilan Ormas, Se-Kabupaten Kaur.

Sambutan Sekda Kabupaten Kaur Nandar Munadi, Ucapan terima kasih atas partisipasinya pada kegiatan rapat di siang hari ini. Tujuan dari rapat ini adalah kegiatan menjelang dan pada saat Ramadhan.

Rapat ini pembahasan berkenaan dengan kegiatan pada bulan suci ramadhan dimasa pandemi covid 19. Seluruh kegiatan keagamaan masih bisa dilaksanakan di masa pandemi dan tetap dibatasi dengan batasan. Informasi dari pihak Pemda Prov. Bengkulu bahwa akan dilaksanakan safari ramadhan pada tgl 29 April 2021 di Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning.

Akan membahas tindak lanjut untuk pedagang atau pun penjual makanan di siang hari pada saat bulan suci Ramadhan. Kemungkinan untuk kegiatan safari ramadhan di Kab. Kaur akan dilaksanakan seperti pada tahun sebelumnya. Setiap kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan pada bulan suci ramadhan akan diatur kembali mengingat pada saat ini masih dalam masa pandemi. Untuk kegiatan safari ramadhan akan dilaksanakan apabila dari pihak Provinsi tetap melaksanakan juga.

BPBD/Ketua Gugus Covid 19, Ujang Syaferi, Pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir, dan saat ini terdapat daerah di Bengkulu yang meningkat penyebarannya yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk saat ini Kaur masih masuk dalam Zona Hijau. Kegiatan keramaian boleh dilaksanakan dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Antisipasi untuk kegiatan dari luar daerah Kab. Kaur yakni Safari Ramadhan Pemprov Bengkulu, agar kiranya Satgas Covid-19 Kaur melaksanakan pemantauan terhadap kegiatan.

Penyampaian Plt. Asisten I /Kabag Kesra Robi Antomi, S.Pi, Kegiatan ibadah pada saat bulan suci ramadhan akan tetap dilaksanakan dan tetap mematuhi Prokes. Untuk kegiatan safari ramadhan akan tetap dilaksanakan dan pada tahun ini akan menerapkan pola baru.

Untuk menjadi pertimbangan pada saat bulan suci ramadhan bahwasanya sekolah akan diliburkan.

Penyampaian Ketua MUI, Wahyu Datsi, Mengharapkan kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan tetap dilaksanakan seperti biasanya. Pihak MUI akan mengikuti kegiatan safari ramadhan Pemprov Bengkulu pada tgl 29 April 2021

Penyampaian Kasat Intelkam Iptu Tomson Sembiring, SH, Adanya pasien 4 orang yang saat ini dinyatakan Positif Covid-19. Untuk Kegiatan Satgas gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kaur sampai saat ini masih aktif melaksanakan himbauan dan pemantauan kepada masyarakat. Saat ini adanya dua panduan yakni SE Kementrian agama dan SE Satgas Gugus tugas Covid Pusat.

Mengaktifkan kembali Satgas Desa dan Kelurahan untuk memantau kegiatan pada saat bulan suci ramadhan. Untuk kegiatan ibadah di tempat ibadah tidak boleh melebihi 50% dari kapasitas kuota di tempat ibadah. Terkait dg SE Kemenag bahwa untuk setiap kegiatan ibadah pada bulan suci ramadhan boleh dilaksanakan dan tetap dg mematuhi prokes. Terkait dengan akan dilaksanakan Pasar murah atau Pasar kaget, pihak Satgas Covid-19 akan melakukan pemantauan dan memberikan himbauan kepada masyarakat dan pelaksana kegiatan.

Satgas Covid-19 Kab. Kaur akan melaksanakan rapat untuk membahas kegiatan yang akan dilakukan pada saat bulan suci ramadhan dan Idul Fitri.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *