Sadar Hukum, Padang Kedondong Hadirkan Jaksa

oleh -18 views

TANJUNG KEMUNING, E-BENGKULU.COM – Pemerintah Desa Padang Kedondong Kecamatan Tanjung Kemuning hadirkan jaksa ke desa. Tujuannya, memberi pendidikan hukum bagi warganya. Bahkan, bukan hanya jaksa yang didatangkan dalam kegiatan sosialisasi hukum ini, namun juga hadir jajaran kepolisian dan Inspektorat. Dengan Kegiatan ini, masyarakat dapat bertanya tentang hukum. Sesuai dengan tema, menyelesaikan sengketa hukum secara mandiri oleh desa tanpa menempuh jalur pengadilan.

Pembawa acara memandu jalannya sosialisasi hukum di Desa Padang Kedondong.

“Dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten dibidangnya, masyarakat dapat bertanya dengan leluasa. Diberikan penjelasan dan pemaparan dasar hukum yang jelas. Oleh sebab itu, ke depan akan semakin banyak masyarakat yang melek hukum, ” ujar Pjs Kepala Desa (Kades) Padang Kedondong, Titi Usmiyati, S. IP, Kamis (31/10/2019).

 

Tiga pakar hukum di daerah didatangkan langsung ke desa. Dengan harapan dapat dimanfaatkan sebagai ajang tanya jawab untuk mencapai pengetahuan hukum yang jauh lebih baik. Warga yang aktif akan memiliki banyak peluang untuk mendapat ilmu pengetahuan hukum. Baik itu, kriminal, sosial maupun terkait penyimpangan Dana Desa (DD). Selain itu, inpsektorat diberi waktu panjang untuk menjelaskan penanganan aduan masyarakat terkait DD. Oleh sebab itu, sosialisasi hukum menjadi motor penggerak bagi masyarakat dalam pemahaman  hukum. Pemerintah desa memfasilitasi pembelajaran masyarakat tentang hukum.

Sadar hukum
Paparan materi sosialisasi hukum di Desa Padang Kedondong.

“Sosialisasi ini sebagai bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus tentang hukum. Sehingga, Banyak ilmu hukum yang diperoleh sebagai landasan berkehidupan sosial di masyarakat,” ungkap Titi Usmiyati. (erw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *