Sadar Hukum, Desa Aur Ringit Sosialisasi

oleh -5 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – Pemerintah berupaya meningkatkan kesadaran hukum bagi semua lapisan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, melalui Dana Desa (DD) menyiapkan pelaksanaan sosialisasi hukum bagi warga desa. Sehingga, masyarakat mampu mengenal hukum dan menambah pengetahuan aturan yang berlaku dalam hidup.

Pemerintah Desa Aur Ringit Kecamatan Tanjung Kemuning, gelar sosialisasi hukum bersama warga desa. Hadir sebagai pemateri kegiatan Kapolsek Tanjung Kemuning Iptu Pidraini Gumay bersama tiga anggotanya. Ikut sebagai peserta sosialisasi hukum tersebut, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan unsur pemerintah desa. Dalam penyampaiannya, Kapolsek Tanjung Kemuning menjelaskan pengertian hukum pidana, kekerasan dalam rumah tangga, asusila dan narkoba.

“Program tiga pilar yang dicanangkan pemerintah dapat menjadi akses bagi masyarakat untuk banyak belajar terkait hukum. Setiap permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik melalui musyawarah,” pesan Kapolsek kepada peserta sosialisasi hukum, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Kapolsek, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu menjaga diri dan keluarga dari persoalan hukum. Termasuk menghindari perbuatan negatif seperti mengkonsumsi Minuman Keras (Miras). Peredaran Miras dapat diputus jika masyarakat sadar dan mau bekerjasama dalam memberantasnya. Oleh sebab itu, setiap ada indikasi peredaran Miras dapat menyampaikan ke aparat atau meminta bantuan posko tiga pilar untuk menanganinya. Disamping itu pula, Kapolsek mengajak masyarakat untuk sama-sama mengantisipasi maraknya aksi pencurian hewan ternak dan tindak pidana lainnya.

“Melalui sosialisasi hukum ini, masyarakat dapat menyadari bahwa banyak aturan yang ditetapkan pemerintah agar kita semua hidup dengan tenang tanpa ada pelanggaran hukum. Oleh sebab itu, sosialisasi sangat penting untuk dilaksanakan secara berkelanjutan,” pungkas Kapolsek.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *