Rapid Test Positif, Sekda: Warga Jangan Panik

oleh -251 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Posko utama penanggulangan penyebaran virus corona, Kamis (16/4) pukul 16.00 WIB merealis secara resmi situasi terkini di Kabupaten Kaur. Dari hasil pemeriksaan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) satu diantaranya diketahui positif terpapar Covid-19. Hasil rapid test terhadap korban dilakukan setelah 14 hari isolasi mandiri dirumah setelah perjalanan Kota Bengkulu.

Hasil rapid test menunjukkan bahwa, korban positif terpapar virus corona. Namun, tim posko dan medis belum memastikan hasil rapid test benar 100 persen. Hasil rapid test akan kembali diuji melalui test metode swab di laboratorium resmi. Sehingga, hasilnya dapat lebig akurat. Untuk rapid test memiliki tingkat keakuratan hasil baru diangka 60 persen.

Dalam keterangan persnya, Sekda Kaur, H. Nandar Munadi, S. Sos, M.Si mengatakan, posko secara resmi mendapat laporan medis bahwa salah seorang ODP dinyatak positif Covid-19 dari pemeriksaan dengan metode rapid test. Namun, uji rapid test belum dapat 100 persen dapat dibenarkan. Oleh karenanya, posko melakukan test dengan metode swab. Hal ini penting guna memastikan kebenaran rapid test tersebut.

“Warga diimbau agar tetap tenang, tidak panik dengan kejadian ini. Hasil rapid test belum tentu benar 100 peraen. Oleh karenanya, akan dilakukan uji metode swab,” ujar Sekda.

Saat ini, ODP yang positif terpapar Covid-19 dirujuk ke RSUD Hasanuddin Damrah guna menjalani perawatan intensif. Ia diantar menggunakan mobil khusus guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Harapan semua, hasil rapid test ini tidak benar. Sehingga Kabupaten Kaur tetap berada pada zona hijau.

Masyarakat tetap tenang, namun selalu waspada. Ikuti protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan setiap habis beraktivitas, berjemur dan jaga imun tubuh. Pola hidup sehat akan memperkuat jaringan sel tubuh dari ancaman virus.

“Untuk memastikan apakah ini sudah benar positif, akan menunggu hasil test ulang dengan metode swab. Semoga semua baik, masyarakat tidak dihantui rasa cemas dan takut,” pesan Sekda.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *