Pjs Kades Pimpin Goro Bersihkan Parit

oleh -27 views

PAGULIR, E.BENGKULU.COM – Curah hujan yang tinggi serta air sungai Padang Guci yang sewaktu waktu pasang, dikhawatirkan dapat menyebabkan genangan air di pemukiman masyarakat. Untuk mengantisipasi itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Jawi 1, Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir), Kabupaten Kaur mengkoordinir gotong-royong (goro) pembersihan parit (selokan) di sepanjang jalur lintas utama wilayah desa tersebut.

Kegiatan goro yang berlangsung pada Rabu (1/7/20) pagi itu, dipimpin langsung oleh Pejabat sementara Kepala Desa (Pjs Kades) Talang Jawi 1, Mitior, SE. Pada kesempatan itu, Pjs Kades beserta perangkat desa itu turun langsung membersihkan parit bersama warga desa setempat. Kegiatan goro ini juga melibatkan sejumlah personil Polsek Kaur Utara dan Babinsa dari Koramil Padang Guci.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan dan kebersamaan warga, karena jika hujan deras, selokan yang mampet bisa menyebabkan banjir,” ujar Mitior.

Kerjasama warga yang dikoordinir Pemerintah Desa itu, jelasnya, juga bertujuan untuk memenuhi harapan masyarakat agar pemerintah dapat mengatasi masalah banjir.
“Mudah-mudahan dengan kekompakan gotong-royong ini dapat mengurangi genangan dan mengantisipasi banjir di pemukiman masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Pagulir, Ali Suanadi, S.Pd, mengapresiasi kegiatan goro yang diinisiasi oleh Pemdes tersebut. Pasalnya, kegiatan goro merupakan warisan leluhur yang patut dilestarikan. Sebab, melalui goro ini dapat menjadi wadah kerja sama dalam mempersatukan masyarakat, dan meningkatkan hubungan silaturahmi menjadi lebih baik. “Kegiatan gotong royong merupakan budaya dan warisan leluhur bangsa ini. Maka dari itu harus tetap dilestarikan, ” ujar Camat di lokasi kegiatan goro tersebut. (a2n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *