Pilkades 28 Februari, Panitia Siap Bimtek

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, BINTUHAN – Rabu 17 Februari 2021 sekira pukul 10.30 s/d 13.50 Wib di Aula Lantai II Sekda Pemda Kabupaten Kaur dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 terhadap Seluruh Instansi terkait serta Panitia tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

Rapat dipimpin oleh Sekda Kaur H. Nandar Munadi,M.Si, dasar kegiatan adalah Permendagri no 112 thn 2014 tentang pilkades  sebagaimana tlh di ubah dg peraturan mendagri no 72 thn 2020 . Perda kab kaur no 14 thn 2016 tentang pembentukan sususan perangkat daerah kab kaur . Peraturan pemda kab kaur no 07 thn 2020 ttg APBD tahun 2021.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kab. Kaur DianaTulani, Dandim 0408/BS di wakili oleh Danramil 04/KS Kapten Inf Henry Marpaung, Kapolres Kaur di wakili oleh Kasat intelkam polres kaur Iptu Tomson Sembiring,SH, Kadis DPMD Kab. Kaur Asmawi, S. Ag, MH, Kadis BKD Kab. Kaur Alian Suhadi, Kakan Kesbangpol Kab. Kaur Deki Zulkarnain, Kabag Hukum Pemda Kaur Drs Dasrulah, Seluruh Panitia Tingkat Kabupaten, Para Asisten pemerintahan kabupaten kaur dan Seluruh Camat Kab. Kaur

Penyampaian Sekda Kaur H. Nandar Munadi,M.Si, Bahwasannya untuk Perda tentang Pilkades serentak tahun 2021 di wilayah Kab. Kaur telah di register dan dipersetujui oleh Bupati Kaur. Agar Dinas PMD segera mungkin membuatkan  Perbup tentang Pilkades serentak tahun 2021 di wilayah Kab. Kaur.

Juknis terkait DPT yang sampai saat ini belum ada sosialsisasi tentang syarat pemilih Agar camat mendorong BPD disetiap desa yang dilakukan penambahan TPS untuk dilakukan Musdes terkait APBDes untuk anggaran Pilkades serentak tahun 2021. Buatkan panitia tambahan terhadap desa yang dilakukan penambahan TPS.

Agar DPMD membentuk Panitia Tingkat Kabupaten serta pembagian tugas masing-masing instansi terkait. Untuk dasar penggunaan anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkades serentak pihak DPMD secepatnya diharapkan dibuatkan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara DPMD. Pelaksanaan Pilkades serentak harus mengikuti protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat seperti Menyiapkan Swab Antigen, Alat cuci tangan, masker dan lainnya.

Agar DPMD membuatkan jadwal serta mekanisme Pendistribusian Logistik Pilkades sampai ditingkat desa. Agar DPMD mempersiapkan aturan-aturan, jullak maupun juknis apabila terjadi sengketa Pilkades serentak tahun 2021.

Penyampaian Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini, Diharapkan untuk Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 diwilayah Kab. Kaur untuk tidak ditunda kembali.

Agar instansi terkait bersama-sama bekerja dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah Kab. Kaur sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Penyampaian Kadis DPMD Kaur Asmawi, S. Ag, MH, Agar camat menekan kembali desa diwilayahnya dilakukan penambahan TPS untuk segera mungkin dilaksanakan Musdes tentang penggunaan anggaran Pilkades serentak tahun 2021.

Untuk pembuatan Perbup tentang Pikades serentak sampai saat ini DPMD telah merancang dan akan sesegera mungkin mengirimkan ke Bag Hukum Pemda Kaur.

Rancangan Panitia tingakat Kabupaten telah dibuatkan draft serta apa saja tufoksi masing-masing sesuai dengan Instansi. Untuk  Camat adalah sebagai koordinator tingkat kecamatan yang wajib mengkoordinir dan monitor segala bentuk kegiatan panitia yang dilakukan sampai pada tingkat desa serta dilaporkan ke DPMD.

Sesuai dengan Permendagri bahwasannya Cakades wajib melakukan Rapid Antigen sehari sebelum tahapan kampanye.

Penyampaian Camat maje Ansori, Untuk Panitia di wilayah Kec. Maje saat ini telah berjalan sampai dengan tingkat desa. Musdes terkait APBDes di wilayah Kec. Maje tentang penggunaan anggaran Pilkades saat ini telah dilakukan namun belum dilaporkan secara tertulis ke pihak Kecamatan.

Penyampaian Camat Pagulu Arbi, Adanya penambahan TPS di 6(enam) Desa di wilayah Kec. Padang Guci Hulu dan telah telah disusun kembali terkait panitia tambahan untuk TPS tambahan tersebut.

Sampai saat ini masyarakat dan Cakades Kec. Padang Guci Hulu masih menunggu kepastian dari pihak Dinas PMD terkait kapan pelaksanaan Pilkades di wilayah Kab. Kaur. Pihak Kec. Pagulu siap melaksanakan perintah Dinas PMD terkait kelengkapan administrasi penggunaan Dana Hibah.

Penyampaian Camat Nasal Siratjuddin, Untuk saat ini menunggu dari pihak Dinas PMD apapun yang perlukan terkait administrasi penggunaan anggaran Dana Hibah Pilkades.

Di kecamatan Nasal terdapat 3(tiga) Desa merupakan TPS Sulit untuk pendistribusian Logistik Surat Suara Pilkades di Kec. Nasal. Agar pihak DPMD memberikan Juklak dan Juknis Penambahan DPTb Khusus guna mensosialisasikan ke wilayah Kecamatan Nasal sampai pada tingkat desa.

Menyarankan untuk membuatkan Berita Acara tentang Penetapan mata pilih dan di tanda tangani oleh seluruh Cakades guna tidak terjadi sengketa dikemudian hari.

Penyampaian PLH Asisten I Robi Antoni, Jangan lagi melakukan penundaan Pilkades diwilayah Kab. Kaur namun jangan saling lempar antar instansi. Buatkan kesepakatan antara Camat terhadap Dinas PMD terkait APBDes paling lambat pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2021 telah diserahkan ke Dinas PMD.

Lakukan Sosialisasi dan Bimtek oleh Camat di wilayahnya masing terkait juknis pelaksanaan Pilkades sesuai Surat Kemendagri.

Penyampaian Kadis BKD Alian Suhadi, Buatkan surat Pelimpahan Kewenangan dari Bupati tentang pengguanaan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) guna dasar penggunaan anggaran.

BKD siap mengucurkan dana NPHD Pilkades serentak secepatnya setelah kelengkapan administrasi telah dilengkapi.

Penyampain Kabag Hukum Dasrul Imran, Untuk penggunaan Dana Hibah diharuskan mengacu pada Permedagri No. 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah. BKD harus melengkapi administrasi tentang Pelimpahan Kewenangan terkait Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Penyampaian Kabid DPMD Donny Rasfino, Untuk permasalahan DPT  tanggal 25 september 2020 sudah selesai apabila ada tambahan pemilih sudah tidak dapat di akomodir.

DPTb Khusus digunakan untuk pemilih yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai dengan umur pada saat pelaksanaan pemilih. Data DPTb Khusus sudah diserahkan ke DPMd pada hari Sabtu tanggal 20 Februari 2021 oleh pihak Kecamatan. Pada tanggal 19 s/d 20 Febrauri 2021 pihak Kecamatan telah menyerahkan data pemecahan TPS ke DPMD secara tertulis.

Cantumkan penggunaan dana pelaksanaan Pilkades pada penetapan APBDes di bidang pemerintahan desa. Pada hari Sabtu tanggal 20 Februari 2021 akan dilakukan sosialsasi, bimtek dan simulasi pemilihan di TPS di satu lokasi terhadap seluruh ketua panitia Pilkades Se – Kab. Kaur.

Penyampain Pabung 0408 Kapten Marpaung, Akan menurunkan Babinsa ke tingkat desa dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021. Diharapkan pelaksanaan berjalan aman dan kondusif sesuai dengan harapan bersama.

Penyampaian Kasat Intelkam Polres Kaur IPTU Tomson Sembiring, SH, Mari kita melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing agar dapat berjalan dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan bersama.

Agar pihak Dinas PMD membuat draft kepanitiaan dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Kecamatan dan desa. Agar semua pihak bekerja secara extraordinary dikarenakan waktu pelaksanaan Pilkades terbatas oleh waktu.

Sampai saat ini Logistik Surat Suara Pilkades untuk 61 desa belum sampai dikarenakan terkendala masalah pembayaran di percetakkan. Sampai saat ini pihak Dinas PMD belum ada membuatkan teknis pendistribusian Logistik Surat Suara dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa.

Agar pihak Dinas PMD menjelaskan kembali kepada seluruh Kepala Desa yang melaksanakan Pilkades tentang penggunaan anggaran APBDes untuk Pilkades serentak dikarenakan masih adanya Kepala Desa yang berpikir bahwasannya dana Pilkades serentak telah diambil oleh pihak Dinas PMD ditahun 2020.

Sampai saat ini masih banyak BPD di desa-desa yang belum melakukan Musdes terkait APBDes tentang anggaran Pilkades termasuk merekrut panitia tambahan di TPS yang dilakukan penambahan. Polres Kaur telah menurunkan Bhabinkamtibmas di desa-desa untuk mendorong BPD untuk melakukan apa yang menjadi tugas dan fungsinya.

Untuk kekurangan anggaran Pilkades sementara waktu bisa diambil kebijakkan oleh pihak Dinas PMD untuk mencari dari pihak ketiga dan dikembalikan nanti guna tidak menghambat kegiatan dikarenakan masalah anggaran.

Pada tanggal 20 s/d 21 hari Sabtu dan Minggu Lakukan evaluasi BPD,Sosialisasi dan Bimtek terhadap kinerja yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan kedepannya. Diharapkan Camat bersama unsur tripika  mendorong tugas BPD dan Memonitor perkembangan setiap kegiatan yang dilakukan.

Agar pihak DPMD segera melengkapi administrasi penggunaan Dana Hibah Pilkades dan tidak mengulur-ulur waktu yang ada.

Seluruh instansi dan Panitia tingkat Kabupaten sepakat untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 diwilayah Kab. Kaur akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2021. Sebelum pelaksanaan Pilkades harus dilaksanakan bimtek terhadap panitia .

Musrenbangdes segera di dilaksanakan bagi desa yang terdapat TPS nya lebih dari 1( satu ) , guna membuat anggaran biaya tambahan TPS yang di beban kan dlm ADD desa. Melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkades.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *