Pilkada Dimasa Pandemi Cobid-19, KPU Kaur Simulasi Pungut Hitung dan Sirekap

oleh -30 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Sabtu 21 November 2020 Pukul 07.00 s.d 13.00 wib Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kaur melaksanakan Simulasi pemungutan, penghitungan rekapitulasi hasil pemungutan suara sertapenggunaan sirekap dalam pemilihan serentak tahun 2020.

Simulasi pemungutan, penghitungan rekapitulasi hasil pemungutan suara sertapenggunaan sirekap dalam pemilihan serentak tahun 2020 dihadiri, Kapolres kaur AKBP Dwi Agung Satyono, S. Ik. MH, Pabung Kodim 0408/BS-K Kapten Inf Hendry Marpaung, Kajari Bintuhan diwakili Anggi, Ketua Bawaslu Kaur Toni Kuswoyo, Komisioner Bawaslu Divisi HPP Oyon, Zupra. Ketua KPU Kaur, Maixxy Rismanto,SE. Komisioner KPU Divisi Teknis Irvanadi, Komisioner KPU Divisi Esdm Yuhardi, Komisioner KPU divisi Data Sirus Legiati.

Komisioner divisi ESDM Yuhardi Menyampaikan, Pratek dan Teori Untuk pelaksanaan pencoblosna 9 Desember yang dilaksanakan hari ini dilakukan secara serentak. Untuk KPPS dan PPS harus jeli, Tidak terdaptar dan tidak Ada KTP serta tidak ada dokumen apa pun itu tidak bisa melakukan pemilihan. Penyelenggara KPPS dan PPS harus jeli dan peran aktif dalam pemungutan suara sehingga tidak terjadi hal hal yg tidak kita inginkan, Seperti perbedaan data DPT dan Terjadi PSU.

Ketua bawaslu kaur Toni Kuswoyo Menyampaikan, simulasikan yang dilaksanakan hari ini dilakukan secara sertak, simulasi pemungutan dan Penghitungan suara dalam tingkatan KPU RI pun sudah beberapa kali dilakukan simulasi baik simulasi pertama sampai ketiga dan Keempat kali, itu ada beberapa hal atau catatan yang mesti diperhatikan oleh teman-teman. penyelenggara Pemilu kedepannya terutama teman-teman KPPS yang nanti akan melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara apa yang menjadi pembeda di dalam pemungutan dan perhitungan suara kita nanti adalah kaitanya dengan protokol kesehatan covid-19 itu hanya itu saja yang membedakan kalau soal teknis yang lain Saya pikir tidak ada banyak perubahan bagaimana nanti pemilih itu masuk kemudian diberikan surat suara kemudian menunggu antrian macam itu sama dengan pemilu Pemilu sebelumnya baik Pemilu maupun Pilkada di tahun 2015,

Terpenting kita pada hari ini adalah bagaimana kita bisa menerapkan protokol kesehatan untuk dapat mencegah penyebaran covid-19 itu yang paling penting bahwa KPU juga akan melaksanakan simulasi serekap penting dicatat bahwa direkap ini bukan menjadi sesuatu yang wajib karena hasil rdp komisi 2 dan pemerintah tetapi udah bawa satu juga termasuk di situ Bawa si rekap ini hanya sebagai contoh belum menjadi suatu ketentuan yang wajib dilakukan oleh penyelenggara Pemilu KPU kaitannya bahwa kita sudah beberapa waktu yang lalu mereka menjadikan dan menyampaikan informasi kepada Bawaslu RI bahwa di Kabupaten banyak titik-titik daerah yang memiliki akses internet yang kurang yang lambat sehingga akan sangat tidak memungkinkan kita akan dilakukan kan nanti pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 9 Desember melaluisirekap.

kalau memang dalam simulasi ini ada kekurangan ada sesuatu, ada yang perlu kita untuk evaluasi 1 tidak jadi masalah silakan sampaikan apa evolusi tersebut atau perbaikan perbaikan dari sifatnya rekomendasi tinggal ke depan dan kalaupun ada ini saya pikir Bawaslu sangat menyambut baik dalam kegiatan apapun kegiatan.

Komisioner KPU Divisi Teknis Irpanadi Menyampaikan, Simulasiyang dilaksanakan hari ini ditegaskan untuk penyelenggara tingkat desa harus benar benar menjalani aturna dna menerpkan apa yg dilakukan di simulasi dapat dilakukan di desa. Hari ini perserta yg mengikuti simulasi 250 lebih. terdiri dari KPPS, PPS dan PPK.

Sebagai penyelenggara saya ingatkan jangan melakukan hal hal yg bisa membuat pemilihan ulang atau pun kecurangan.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *