Pesta Resepsi Pernikahan Dipidana, Catin Tetap Bisa Nikah

oleh -53 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Mabes Polri mengeluarkan maklumat agar masyarakat tidak melakukamln perkumpulam orang banyak. Melalui jajaran Polda, Polres dan Polsek, Kapolri mengimbau agar pesta pernikahan ditunda. Namun, Calon Pengantin (Catin) tetap bisa menggelar akad nikah. Hanya saja, untuk resepsi pestanya yang ditunda. Hal ini upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kapolres Kaut, AKBP Puji Prayitno, S.IK, MH, mengimbau agar masyarakat mematuhi maklumat Kapolri. Jajaran Polres dan Polsek berupaya menyampaikan maklumat tersebut langsung ke masyarakat.

“Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona, Polsek diingatkan agar tidak memberikan izin keramaian apapun. Termasuk didalamnya izin pesta resepsi pernikahan,” tegas Kapolres.

Akad nikah tidak dilarang, hanya saja tidak perlu mengundang orang banyak dari luar daerah. Bagi yang tetap bandel, maka polisi dapat membubarkan keramaian tersebut secara paksa. Bahkan, pemilik atau pengada acara dapat dipidana satu tahun penjara. Diharapkan, masyarakat dapat memahami dan menjalankan instruksi pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus yang terus berkembang.

Tindakan nyata polisi semata-mata untuk keselamatan masyarakat dari ancaman virus. Polisi dapat memberikan sanksi hukum bagi masyarakat yang melanggar dengan ancaman pasal 212, 216 dan 218 KUHP dengan ancaman penjara satu tahun atau denda Rp 1 juta. Polres Kaur tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dengan membubarkan paksa kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Baik itu, pesta pernikahan maupun kegiatan lainnya.

“Bisa dikenakan pasal 212, 216 dan 218 KUHP bagi masyarakat yang tetap nekat menggelar pesta. Polsek dan jajaran agar tidak mengeluarkan izin keramaian apapun,” ungkap Kapolres.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *