Pemilik Akun Facebook ‘Keke’ Denda Potong Kambing

oleh -818 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – “Tujuan hukum ada tiga, berkeadilan, berkepastian dan bermanfaat”. Polres Kaur mengedepankan azas ‘Manfaat’ dalam penegakkan hukum. Tujuannya, agar masyarakat selalu hidup rukun, aman dan damai. Bebas dari rasa takut dan tidak saling curiga.

“Kita bersaudara, ayo kita hidup rukun, jaga hati, fikiran dari sifat iri dengki dan selalu saling memafaatkan. Dijaman era digitalisasi, saya berpesan mari gunakan media sosial untuk hal-hal yang positif,” pesan Kapolres Kaur, akbp Puji Prayitno, S. IK, MH

Ungkapan santun sosok Kapolres ini bagian dari upaya menyelesaiankan masalah yang terjadi di masyarakat Kecamatan Muara Sahung. Postingan status di laman facebook ‘Keke’ yang dinilai masyarakat Kecamatan Muara Sahung sudah melukai dan menyinggung. Sehingga, berujung pada laporan masyarakat ke Polres Kaur terkait nyanyian di akun media sosial oleh pemilik akun Ike Tri Wahyuni.

Pada Selasa (7/4) pukul 13.00 WIB, digelar pertemuan diruang aula kantor camat guna menyelesaikan masalah tersebut. Pertemuan tersebut, dalam rangka perdamaian antara masyarakat Kecamatan Muara Sahung dengan pemilik akun ‘Keke’. Kegiatan ini dihadiri oleh camat, seluruh kepala desa, tokoh masyarakat, Polsek dan ketua Lembaga Adat Kaur (LAKu) Kecamatan Muara Sahung.

Acara juga dihadiri oleh pemilik akun, kedua orang tua dan suami terduga penulis postingan diakun media sosial. Dalam pertemuan tersebut, pemilik akun menyepakati perdamaian dan meminta maaf kepada masyarakat Kecamatan Muara Sahung yang terlanjur tersinggung dan disudutkan.

Dalam perjanjian damai tersebut, pemilik akun ‘Keke’ bersedia membayar denda adat berupa 1 ekor kambing. Membayar uang denda sejumlah Rp. 2.000.000 (Dua juta Rupiah) yang diperuntukan membayar keperluan memasak seekor kambing.

Setelah kegiatan terduga pembuat postingan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya, menanda tangani surat perjanjian dan membuat testimoni permintaan maaf di media Facebook. Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, acara damai tersebut selesai pukul 15.00 WIB.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *