Pemdes Air Long Cairkan BLT-DD kepada 74 KPM

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Jumat (2/4/2021) Pemerintah Desa (Pemdes) Air Long Kecamatan Maje Kabupaten Kaur pukul 09.00 WIB salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 kepada 74 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sesuai mekanisme penyaluran dilakukan setiap bulan selama setahun. Penerima BLT-DD Air Long dikhususkan bagi janda, Lansia, sakit menahun dan warga miskin. Sehingga, bantuan uang tunai Rp 300 ribu ini tepat sasaran dan bermanfaat.

Kades Air Long, Suryadi kepada awak media mengatakan, penyerahan bantuan uang tunai bersumber dari DD tahun ini berbeda dengaan tahun sebelumnya. Penerima harus memasang stiker diruma masing-masing dan tidak boleh dihapus atau dilepas. Bagi yang menghapus maka dianggap mengundurkan diri dari peserta penerima manfaat.

“Harapan kita semua, tidak ada yang menghapus stiker. Apalagi, penerima memang yang benar-benar layak dan belum pernah masuk sebagai penerima Bantuan Sosial (Bansos) lain dari pemerintah,” ujar Suryadi.

Dengan bantuan ini, lanjut Kades Air Long, diharapkan masyarakat penerima mampu memanfaatkan sebagai penambahan penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dari itu, pendataan awal memang dilakukan selektif demi rasa berkeadilan bagi warga desa.

Bantuan uang tunai ini diberikan selama 12 bulan. Penyalurannya diawasi langsung oleh Pendamping Desa (PD), Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kecamatan. Pemerintah desa menyiapkan anggaran BLT-DD sesuai hasil musyawarah penetapan penerima BLT-DD. Nama penerima di verifikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) baru kemudian ditetapkan.

“Harapan bersama bantuan ini mampu meringankan beban hidup warga miskin, janda, sakit menahun dan kategori penerima lainnya,” ungkap Kades.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *