Pemcam Pagulir, Monitoring Kegiatan DD

oleh -42 views

PAGULIR, E.BENGKULU.COM – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Padang Guci Hilir (Pagulir) Kabupaten Kaur, mulai lakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan  kegiatan pembangunan yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020, tak terkecuali di Desa Ulak Agung, Rabu, (1/7/20).

 


Camat Pagulir, Ali Suanadi, S.Pd, menjelaskan, monitoring dan evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menjunjung transparansi, pengelolaan penggunaan anggaran desa di Kecamatan Pagulir, serta sebagai upaya untuk mencegah maladministrasi dan penyalahgunaan anggaran demi keselarasan antara rencana kerja dan pelaksanaan kegiatan.

“Memang sudah bagian dari tugas kami sebagai pemerintah di tingkat Kecamatan, untuk memastikan pembangunan di tingkat desa sejalan sesuai aturan, tidak menyalahi ketentuan,” ujar Camat

Dikatakan, agenda monitoring dan evaluasi di wilayah Kecamatan Pagulir itu sedang berlangsung di beberapa desa, dan akan terus dilaksanakan ke setiap desa di wilayah itu. Hal itu dilakukan demi memastikan setiap rencana-rencana pembangunan yang dikerjakan sesuai dengan aturan juga hukum yang berlaku.

Kegiatan tersebut juga direspon baik oleh pejabat Kepala Desa Ulak Agung, Hengki Tomi, SE. Menurutnya, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh tim dari kecamatan Paagulir itu merupakan bentuk dari kepedulian yang harus diapresiasi oleh setiap Kepala Desa. Pasalnya, transparansi penggunaan DD dan ADD memang sudah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah desa. Terkait dengan kegiatan pembangunan bidang fisik yang bersumber dari anggaran Dana Desa ditahap pertama tahun 2020 ini, Hengki Tomi menjelaskan bahwa pihaknya telah merealisasikan dana tersebut ke pembukaan badan jalan sentra produksi pertanian di wilayah itu.

“Untuk pembangunan fisik Dana Desa tahap pertama telah selesai dikerakan. Berupa kegiatan pembukaan badan jalan sentra pertanian sepanjang 650 meter, lebar lima meter,” jelas Hengki Tomi kepada E.BENGKULU.COM usai kegiatan monitoring yang di lakukan oleh tim dari Kecamatan Pagulir, Rabu (1/7/20).

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan DD dan ADD di Desa Ulak Agung ini juga diikuti Pendamping Lokal dan Pendamping Desa, serta sejumlah personil dari Polsek Kaur Utara dan Babinsa Koramil Padang Guci. Diharapkan, dengan adanya komunikasi yang intensif antara Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Pendamping Desa, serta unsur TNI-POLRI, maka segala bentuk permasalahan yang timbul dalam pengelolaan anggaran desa dapat dihindari. (a2n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *