Pekerja Sutet Diberhentikan, Karyawan Seruduk Gardu Induk PLN

oleh -44 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Perwakilan pekerja pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (Sutet) seruduk kantor pembangunan gardu induk PLN di Desa Kasuk Baru Kecamatan Tetap, Senin (3/2/2020). Empat perwakilan pekerja Sutet yang diberhentikan datang guna mengikuti kegiatan mediasi antara pekerja dengan pimpinan pembangunan gardu induk.

13 pekerja Sutet sebelumnya diberhentikam oleh pimpinan pembangunan gardu induk. Mereka diistirahatkan, pekerja ini adalah tenaga kerja lokal. Sebagai penggantinya didatangkan tenaga kerja dari luar daerah. Hal ini mengundang emosi pekerja lokal yang tidak lagi bekerja.

Dalam mediasi tersebut diperoleh kesepakatan antara kedua pihak yakni, pekerja lokal yang diistirahatkan sebanyak 13 orang minta diperkerjakan kembali. Meminta kejelasan gaji tukang Rp 110.000 perhari untuk satu orang. Gaji knek Rp 95.000 perhari satu orang jangan sampai ada pemotongan lagi karena selama ini dipotong sebanyak Rp 5.000 (lima ribu rupiah) untuk pembelian kue. Agar perusahaan mempekerjakan pekerja dari luar daerah dan lokal (pekerja setempat) berimbang.

Menanggapi tuntutan tersebut, pimpinan pembangunan gardu induk PLN Desa Kasuk Baru, Catur Rahman menjelaskan, pekerja yang diistirahatkan sementara menunggu gambar bangunan, apabila gambar bangunan sudah ada mereka akan dipanggil kembali. Untuk gaji tidak ada pemotongan lagi akan diberikan utuh tetapi tidak mendapatkan snack/kue. Untuk karyawan sudah seimbang, saat ini 14 orang dari jawa dan 14 orang lokal.

Kesepakatan hasil mediasi ini diterima oleh kedua pihak dengan baik. Tinggal lagi menunggu realisasi pelaksanaan dilapangan. Mediasi dimulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.45 WIB. Hadir dalam mediasi kali ini, Camat Tetap diwakili Sekcam Minirwan, S. Sos. Danramil Kaur Selatan diwakili Serda Yulian Syahri. Kapolsek Kaur Selatan Iptu Surya Purnama, SH. Pimpinan pembangunan Gardu Induk Bapak Catur. Kades Muara tetap bapak Herman Sawiran. Kades Kasuk Baru Bapak Yurman. Babinsa Serda Giri Farius, Bhabinkamtibmas. Perwakilan pekerja yang diistirahatkan sebanyak 4 (empat) orang yakni, Dalil (45) Desa Muara Tetap. Buyung Desa Kasuk Baru. Supar Desa Kasuk Baru dan Bustami Desa Kasuk Baru.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *