Manfaatkan Hari Libur, Karang Taruna Bersih-Bersih

oleh -45 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Mnafaatkan hari libur, Karang Taruna Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal gelar gotong royong bersih-bersih lingkungan. Kegiatan ini merupakan agenda Karang Taruna setiap hari libur. Kebersihan rumah ibadah, Tempat Pemakaman Umum (TPU) hingga lingkungan tempat tinggal warga.

Kepedulian karamg taruna ini patut diapresiasi dan diacungi jempol. Pasalnya, tidak banyak pemuda yang peduli terhadap lingkungannya. Bahkan, pemuda lebih cenderung melakukan hal yang kurang bermanfaat. Oleh karenanya, aksi nyata karang taruna desa ini menjadi contoh bagi karang taruna desa lain.
” Gotong royong kebersihan ini adalah agenda rutin karang taruna. Sebagai generasi muda, harus lebih bertanggungjawab terhadap diri maupun lingkungan,” ujar ketua karang taruna Desa Ulak Pandan, Soherman.

Menurut pemuda ini, karang taruna adalah wadah bagi pemuda dalam belajar segala hal. Sehingga, nantinya bisa menjadi generasi yang sehat, bermanfaat dan penerus yang bertanggungjawab terhadap kondisi sekitar. Apalagi, dimusim penghujan saat ini, sangat rentan dengan penyebaran penyakit berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Pemuda sebagai pelopor kebersihan lingkungan, jangan hanya berpangku tangan menunggu para orang tua untuk berbuat. Remaja juga bisa melakukan hal positif bagi lingkungannya. Tidak harus menunggu kerja orang tua semata. Sudah menjadi kewajiban yang muda membantu yang tua guna mendukung terjaganya kondisi yang sehat.

Selain kebersihan lingkungan, agenda karang taruna ini mengembangkan adat istiadat, budaya dan terus melestarikannya. Jangan sampai kearifan budaya lokal terkikis habis oleh jaman yang modern dan pengaruh tekhnology mengalahkan budaya asli daerah.

“Mari kita sama-sama berbuat bagi desa dan daerah. Tidak harus menunggu menjadi bagian dari pemerintahan baru mau berbuat baik. Belajar sejak dini, akan lebih memantapkan jati diri pemuda untuk kemudian hari,” ungkap Soherman.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *