Manfaatkan DD, Ulak Agung Realisasikan Tahap 60 Persen

oleh -12 views

PADANG GUCI HILIR, E-BENGKULU.COM – Desa Ulak Agung Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir) bangun infrastruktur dan tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pembangunan fisik desa hampir 100 persen bersumber dari anggaran Dana Desa (DD)_ yang dikucurkan pemerintah pusat sejak beberapa tahun lalu. Tahun 2019, DD kembali memenuhi kebutuhan warga desa mulai dari pembangunan jalan sentra produksi, pemberdayaan, penerangan jalan dan peningkatan SDM.

Pembangunan tahap 60 persen sudah dirasakan manfaatnya oleh warga desa. Baik jalan pertanian yang bertujuan membuka akses transportasi bagi petani, penerangan jalan memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan pengadaan kursi plastik untuk kepentingan masyarakat. Pekerjaan swadaya melibatkan warga sebagai langkah partisipasi dan pemberdayaan. Sehingga, hasil pembangunan lebih berkualitas dan memliki mutu yang baik. Dari masyarakat untuk masyarakat, dengan demikian ada rasa memiliki dan bukan semata-mata menilai pekerjaan adalah proyek. Tentunya, ada keinginan bersama bagaimana menciptakan kualitas bangunan yang tinggi.

“Alhamdulillah, pekerjaan tahap 60 persen DD tahun ini berjalan dengan baik. partisipasi masyarakat lebih tinggi sehingga pekerjaan terasa ringan. Kepedulian warga merupakan bentuk apresiasi pengelolaan anggaran DD yang terbuka dan transparan,” ujar Pjs Kades Ulak Agung, Hengki Tomi, SE, Senin (23/9).

Realisasi DD tahap 60 persen ini sesuai dengan perencanaan. Masyarakat pun menyambut baik dan menerima hasilnya dengan baik. Patut disyukuri dalam pelaksanaannya warga langsung ikut terlibat. Dengan demikian, tidak ada kecurigaan dan rasa kurang puas. Sebab, mereka ikut mengerjakan semua program yang dicanangkan. Beberapa item yang dianggarkan memang tidak melibatkan warga seperti pembayaran insentif guru ngaji, honor perangkat dan BPD. Selain itu, ada kegiatan pelatihan bagi perangkat dan BPD. Tentunya kegiatan ini tidak melibatkan masyarakat.

“Masyarakat saat ini menunggu pelaksanaan tahap 40 persen terakhir. Namun, warga harus menunggu hingga anggarannya dicairkan terlebih dahulu,” pungkasnya.(tfk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *