Manfaatkan DD, Beriang Tinggi Bangun Infrastruktur

oleh -20 views

KAUR E-BENGKULU.COM – Pemerintah Desa Beriang Tinggi Kecamatan Tanjung Kemuning realisasikan Dana Desa (DD) tahun 2019 dengan pekerjaan fisik dan pemberdayaan. Fisik memenuhi kebutuhan infrastruktur desa guna menunjang aktivitas ekonomi masyarakat setempat berupa jalan sirtu sepanjang 547 meter, plat deker tiga titik, rabat beton 202 meter dan pembangunan TPT sepanjang 440 meter. Selain itu, pemberdayaan masyarakat mulai dari PKK, posyandu, guru ngaji dan karang taruna.

Pekerjaan tahap 60 persen sudah rampung 100 persen, tinggal lagi mempersiapkan pelaksanaan tahap 40 persen terakhir. Pekerjaan melibatkan warga setempat sebagai upaya peningkatan peran dari warga menyukseskan pembangunan yang berjalan. Sehingga, dihasilkan kualitas yang mumpuni serta dapat terus memberi manfaat dikemudian hari. Pekerjaan juga mendapat binaan tim Pendamping Desa (PD) maupun Tim Pendamping Lokal Desa (PLD). Pengawasan juga melibatkan tim kecamatan dan anggota Bhabinkamtibmas.

Pemanfaatan DD yang dilaksanakan oleh desa selama ini sudah memberi banyak manfaat. Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana penunjang masyarakat dalam pertanian maupun upaya peningkatan sumber daya manusia. Pengelolaan sepenuhnya diserahkan ke tim pelaksana desa, untuk keuangan diatur sedemikian rupa oleh kaur keuangan dalam hal ini bendahara desa. Dengan demikian, Kades tidak mengelolah secara langsung melainkan hanya sebatas penanggungjawab kegiatan.

“Realisasi pembangunan yang bersumber dari DD ini dilakukan secara terbuka. Warga diikut sertakan dalam pengawasan maupun pekerjaannya. Diharapkan, hasil pembangunan ini nanti benar-benar berkualitas dan memberi manfaat tepat guna bagi warga sekitar,” terang Kades Beriang Tinggi, Tambang, Jumat (11/10/2019).(Kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *