Maksimalkan Penanganan Covid-19, Gugus Satgas Rakor

oleh -0 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Gugus Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Kaur, Kamis (8/10/2020) Rapat Koordinasi (Rakor) diruang kerja Sekda Kaur. Rakor dipimpin langsung Sekda Kaur, H. Nandar Munadi, S. Sos, M.Si.

Rapat tersebut di hadiri Dandim 0408/BS di wakili Danramil 04/KS Kapten Inf Henry Marpaung, Kapolres Kaur,AKBP Dwi agung setyono S.IK,MH, Danposal Letda Laut Rakmat, Kasat Intelkam Polres Kaur Iptu Tomson Sembiring.SH, Kasi Intel Kejari A.Gofron,SH.MH, Ka BPBD Kabupaten Kaur Ujang Syafiri, Direktur RSUD Kaur, Ka Sat Pol PP dan Perwakilan Dinkes.

Penyampian Sekda terkiat adanya yang positif Covid 19 di Kabupaten Kaur berdasarkan hasil swab RSUD M. Yunus merupakan tenaga medis yang mengikuti Program Kesehatan Nusantara dan di Kabupaten Kaur status ke empat warga tersebut merupakan tenaga kerja kontrak selama dua tahun. Telah memerintahkan Dinas terkait agar melakukan riwayat kontak terhadap ke empat warga yang positif covid 19.

Saat ini ke empat pasien tersebut telah di lakukan isolasi mandiri di perumahan Puskesmas Lungkang Kule dan selalu di awasi. Saat ini terkait pencegahan penyebaran covid 19 Pemkab Kaur telah menerbitkan Perbup Nomor 68 tahun 2020. Agar Satgas Covid 19 dapat lebih ekstra dalam pencegahan dan memberikan himbauan pada masyarakat terkait penyebaran covid 19.

Agar Dinas terkait dapat memberikan gambaran situasi terhadap lokasi isolasi terhadap pasien covid 19 dan situasi di masyarakat sekitar isolasi.

Penyampaian Dinkes, melakukan tresing dan telah membentuk tim terhadap masyarakat sekitar dan tempat isolasi di rumah dinas puskesmas. Akan di lakukan Rapid Tes terhadap warga yang tinggal di dekat Puskesmas. Akan melakukan tes swab kembali terhadap ke empat positif covid 19 setelah 14 hari berikutnya. Untuk Riwayat kontak pasien covid 19 di Kabupaten Kaur masih dalam proses dan tim dari dinkes masih melakukan penelusuran.

Penyampaian Kapolres Kaur, Kabupaten Kaur dalam upaya pencegahan covid 19 masih masif di karenakan Kabupaten Kaur masih zona hijau dan dengan adanya warga yang positif saat ini agar lebih ekstra dalam pencegahan penyebaran covid 19.

Perlu diketahui bahwa pasien yang positif covid 19 di lakukan tes swab tanggal 24 September 2020 sedangkan hasil swab keluar pada tanggal 05 Oktober 2020 sehingga rentan waktu pengambilan dan keluarnya hasil swab kurang lebih satu minggu dan perlu diketahui riwayat kontak pasien positif covid 19 selama satu minggu tersebut.

Terkait dengan adanya Perbup nomor 68 tahun 2020 merupakan dasar pemda melakukan sosialisasi dan himbauan pada masyarakat. Agar Satgas lebih aktif dalam memberikan himbauan dan memberikan edukasi pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Agar Sekda dapat memberikan intruksi sampai ke tingkat desa supaya adanya kaloborasi tiga pilar yaitu TNI, Polri dan pemerintah daerah untuk memberikan himbauan dan teguran terkait pencegahan penyebaran covid 19.

Agar melakukan giat rutin memberikan himbauan dan teguran pada masyarakat terkait mematuhi protokol kesehatan dan pihak TNI-Polri siap membantu dan mendampingi. Di rencanakan lakukan Rapid tes secara acak pada saat pelaksanaan memberikan himbauan dan sosialisasi pada masyarakat. Terkait maraknya kegiatan pesta pernikahan agar pihak Humas Pemkab dapat berperan aktif memberikan sosialisasi agar kegiatan pesta pernikahan tidak di laksanakan dengan memberikan pemahaman bahaya dari covid 19.

Agar satgas mengkonsep terkait pelaku usaha supaya di mensiapkan tempat cuci tangan, pengunjung harus menggunakan masker serta menjaga jarak.

Penyampaian Ka BPBD, pelaksanaan harian Satgas telah melakukan rapat dan telah melakukan kegiatan gabungan pendisiplinan mematuhi protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian.

Kegiatan yang telah di lakukan akan di lakukan evaluasi agar kegiatan kedepan dapat lebih baik. Terkait pendanaan saat ini masih di review di Inspektorat dan kegiatan langkah-langkah pencegahan yang telah di lakukan masih tetap di berjalan.

Satgas terus memberikan himbauan dan edukasi pada masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kabupaten Kaur.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *