Longsor, Akses Menuju Kecamatan Luas Dan Muara Sahung Terputus

oleh -270 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Hujan deras mengguyur kawasan Kabupaten Kaur sejak beberapa hari lalu menimbulkan bencana. Beberapa ruas jalan lintas antara provinsi pun tertutup longsor. Jumat (8/5) pukul 19.00 WIB, jalan milik provinsi yang menghubungkan Kecamatan Kaur Tengah menuju Kecamatan Luas dan Muara Sahung terputus total akibat tanah longsor. Akibatnya, kendaraan jenis apapun tidak dapat melintas.

Tanah longsor terjadi di tiga titik, bencana terjadi di Desa Tuguk Kecamatan Luas. Satu titik dengan panjang 50 meter dan ketinggian material tanah longsor bercampur pepohonan dan batu napal mencapai 1,5 meter ini menutup seluruh badan jalan. Informasi tanah longsor ini langsung direspon cepat aparat gabungan, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat sekitar.

Meskipun, sudah dilakukan pembersihan secara manual, namun material tanah longsor belum membuka akses jalan. Untuk mempercepat proses evakuasi pembersihan tanah longsor ini, kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri, S. Pd langsung berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum guna mengirim alat berat kelokasi.

Satu unit alat berat diberangkatkan ke lokasi longsor guna membantu tim membersihkan material. Tim BPBD tidak dapat mengecek dua titik longsor akibat jalan terputus total. Selain itu, tim PLN juga diturunkan guna mengantisipasi adanya tiang listrik yang ikut terbawa longsor. Pembersihan material longsor dilakukan sepanjang malam guna membuka akses jalan yang tertutup total.

“Sudah berkoordinasi dengan Dinas PU untuk menurunkan alat berat. Informasi dari masyarakat dilapangan ada titik longsor. Namun, tim belum dapat mengecek langsung ke titik kedua dan ketiga akibat tidak dapat melintas. Tim yang sudah dilokasi, Polri, TNI, BPBD, PLN dan masyarakat sekitar,” ujang Syafiri.

Kawasan Desa Tuguk merupakan daerah rawan bencana. Hampir setiap cuaca buruk, terjadi tanah longsor dan banjir bandang. Saat kejadian tidak ada korban jiwa. Namun, akses utama jalan yang menghubungkan antar kecamatan ini terputus total. Bencana tanah longsor ini cukup parah, terjadi di tiga titik.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *