Lantik PKD Serentak, Bawaslu Kaur Terjunkan Tim Monitoring

oleh -37 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Bawaslu Kaur menurunkan tim monitoring pantau pelantikan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) serentak di 15 kecanatan, Jumat (20/3). Pelantikan dilaksanakan serentak pukul 08.30 WIB dimasing-masing kecamatan. Selain tim monitoring, hadir pula tim Bawaslu Provinsi Bengkulu pantau jalannya pelantikan PKD. Usai dilantik, masing-masing PKD mengikuti kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek).

PKD akan menjalankan tugas pengawasan tahapan Pilkada serentak 2020 hingga bulan November. Bimtek melibatkan stekhokder terkait sebagai narasumber. Mulai dari jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kepolisian dan mitra kerja PKD lainnya. Pengambilan sumpah melibatkan rohaniawan dari Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan setempat.

Ketua Bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo, S. Sos mengatakan, tim monitoring langsung turun hadir disetiap kecamatan. 15 kecamatan melaksanakan tahapan pelantikan dan Bimtek bagi PKD. Diharapkan, PKD terpilih dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Membantu tugas Panwascam dan Bawaslu melakukan pengawasan dilapangan.

“PKD terpilih yang dilantik adalah putra-putri terbaik di kecamatan dan memiliki integritas tinggi dalam pengawasan Pilkada. Oleh karena itu, PKD sangat diharapkan dapat membangun komunikasi dengan stekholder yang ada,” ujar Toni Kuswoyo.

Sementara itu, Kordiv HPP Bawaslu Kaur, Natijo Elem, S.IKom mengatakan, tim monitoring yang hadir dalam pelantikan PKD langsung menyampaikan laporan ke Bawaslu Kaur untuk diteruskan ke Bawaslu Provinsi. Bimtek yang diberikan adalah bagian dari upaya meningkatkan daya gedor pengawasan ditingkat desa.

“PKD harus banyak koordinasi dengan Panwascam. Sehingga, sekecil apapun bentuk pelanggaran yang terjadi dapat langsung ditindak lanjuti dengan cepat. Temuan dilapangan akan dibahas dalam pleno Panwascam dan diteruskan ke Bawaslu Kaur,” ungkap Natijo Elem.

Ditambahkan Kordiv PHAL Bawaslu Kaur, Oyon Zupra, M.Pd menjelaskan, pengetahuan PKD dipandang perlu dipersiapkan. Sehingga, dilakukan Bimtek usai pelantikan. Dengan bekal Bimtek ini, maka PKD di 192 desa dan 3 kelurahan dapat menjalankan tugas dengan baik.

“PKD lebih indentik dengan Kordiv PHAL Bawaslu. Untuk itu, diharapkan dapat menjalankan amanah yang diberikan. PKD yang dilantik semua sudah lolos seleksi ketat. Sehingga, dinilai memang sudah memiliki kemampuan dalam tugas pengawasan kepemiluan,” ucap Oyon Zupra.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *