Kunjungi Pengungsi, Dinsos Salurkan Bantuan Korban Dampak Pergeseran Tanah

oleh -35 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur cepat tangani pengungsi korban dampak tanah bergerak di Desa Air Palawan Kecamatan Nasal, Senin (9/3). Tim Dinsos dipimpin langsung Kadinsos, KH. Sidarmin Tetap, M.Pd ini sekaligus cek kondisi pengungsi dan salurkan bantuan kemanusiaan.

Tim Dinsos juga melakukan pendataan terhadap pengungsi serta rumah terdampak pergeseran tanah di Desa Air Palawan. Pengungsi ini adalah korban dampak tanah yang mengalami pergeseran. Sehingga, rumah-rumah ikut retak dan bisa saja roboh kapanpun. Demi mengurangi resiko jatuhnya korban jiwa, masyarakat terdampak bencana alam ini lebih memilih mengungsi ketempat aman.

Bantuan berupa kebutuhan hidup sehari-hari, 31 dus mie instans, 21 paket laut pauk, 10 paket lauk pauk B, 11 paket lauk pauk C, 6 paket tenda gulung, 4 paket kids ware, 24 paket makanan anak dan 6 paket matras/kasur bagi keluarga pengungsi. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban korban bencana.

Selain itu, pengungsi membutuhkan bantuan kesehatan. Mengingat, diantaranya terdapat anak-anak dan Lanjut Usia (Lansia). Pengungsi ini tentunya berharap tim medis dapat melakukan pengecekan kesehatan secara berkala guna memastikan kondisi kesehatannya tidak bermasalah.

Ke depan, masalah relokasi rumah tempat tinggal para pengungsi tentu sangat diharapkan. Sebab, untuk kembali menempati rumah atau tetap tinggal didesa tersebut sangat rawan menimbulkan korban jiwa. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi bencana susulan yang jauh lebih besar.

Pemerintah dihadapkan pada persoalan serius dalam menangani korban bencana alam di Desa Air Palawan. Bukan hanya bantuan makanan, kesehatan namun juga bantuan rumah tempat tinggal mereka yang lebih aman. Selain itu, jarak dengan sekolah dan lokasi kesehatan pun harus jadi pertimbangan.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *