Kuasa Cakades Urut 03 Desa Jawi Tolak Hasil Hitung Ulang

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Tim kuasa Calon Kades (Cakades) nomor urut 03, Aprin Taskanyanto menolak hasil penghitungan ulang perolehan suara di aula Mapolres Kaur, Kamis (1/4/2021). Penolakan ini menurut kuasa Cakades, Didi Ariyanto, penghitungan ulang perolehan suara cacat hukum. Pasalnya, Cakades sudah memasukkan gugatan sengketa di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu.

Pendapat hukum dari Kejaksanaan Negeri (Kejari) Kaur yang disampaikan pada rapat dengar pendapat pada Rabu (30/3/2021) bukanlah hal final. Pada pasal 67 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1986 tentang PTUN tidak dapat dikesampingkan.

Masyarakat tidak percaya sepenuhnya, apalagi ada kesan penggiringan agar Panitia Pilkades Kabupaten tetap buka kotak dan melakukan hitung ulang. Apalagi, keabsahan Pilkades yang baru diganti juga sangat dipertanyakan.

Panitia Pilkades Kabupaten Kaur dan/atau Pemda Kaur telah mengetahui bahwa Penggugat telah mendaptarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan telah memberikan tanda register nomor perkara kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten.

Kenapa Panitia Kabupaten memerintahkan dan / atau membiarkan Panitia Pemilihan Kepala Desa Jawi yang Baru yang terbentuk, yang ke absahanya diragukan, membuka kotak suara dan/atau melakukan perhitungan suara ulang?

Seharusnya jika memang Panitia Kabupaten tidak ngotot dan juga ada kepentingan tertentu, serta memahami aturan, pihak Panitia Kabupaten dan/atau pemerintah Daerah Kab. Kaur menunda pelaksanaan Keputusan Bupati Kontroversi tersebut, hingga dipastikan ada putusan sela atas permohonan Penggugat di dipastikan ada putusan sela atas permohonan Penggugat di Pengadilan Tata Usaha Negara Bengkulu, itu baru benar. Jangan menganalisa atau menapsiran ketentuan Peraturan Perundang Undangan sepotong sepotong, dalam hal ini hanya berdasarkan Pasal 67 ayat (1), tapi perlu juga dicerna apa yang maksud ketentuan Pasal 67 ayat (2) dilaksanakan pada hari kamis tanggal I Maret 2021, fakta tersebut merupakan bukti bahwa Panitia Pilkades Desa Jawi yang Baru, yang melakukan pembuaan kotak suara dan perhitungan surat suara atas desakan Panitia Kabupaten, telah memberikan informasi yang tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya, dan karenanya saya selaku Kuasa Calon Kepala Desa No. 3 (Didi Haryanto) menolak Hasil Perhitungan Suara Ulang yang dilakukan oleh Panitia Pilkades yang baru yang tidak sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *