KPU Kaur Sosialisasi Pencalonan Perorangan dan Sistem Aplikasi

oleh -199 views

KAUR, E-BENGKULU.COM  РKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (19/12/2019) gelar sosialisasi Pencalonan Perseorangan dan penggunaan Sistem Informasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kaur tahun 2020.

Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto,SE melalui Divisi Teknis Irpanadi,S.IKom mengatakan bahwa sasaran sosialisasi  semua elemen masyarakat. Mulai dari tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kepala Desa, Camat, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil serta pimpinan media massa, dan organisasi masyarakat lainnya. Kemudian dihadiri Bawaslu dan kepolisian. Serta kelima.Komisioner KPU Kaur.

“Kita menyampaikan tahapan pencalonan perseorangan sesuai dengan PKPU No 16 tahun 2019 tentang tahapan,program dan jadwal pemilihan Gubernur/wakil Gubernur, Bupati/wakil Bupati dan walikota/wakil walikota. Dan PKPU No 18 tahun 2019 tentang pencalonan” kata Irpanadi usai menjadi narasumber di ruangan media center KPU Kaur kemarin.

Dikatakan Irpanadi, pihaknya sudah menetapkan syarat minimal dukungan pasangan calon perseorangan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih tetap Pemilu terakhir 2019. Yakni minimal dukungan 8.957 foto copy KTP elektronik yang tersebar minimal di 8 kecamatan dari 15 kecamatan.yang ada di Kabupaten Kaur. Bahkan sudah diumumkan di media masa.

Untuk itu pihaknya berharap, dengan diundangnya seluruh elemen masyarakat secara terbuka, maka informasi tentang pencalonan dapat tersampaikan ke masyarakat di Kabupaten Kaur. Walaupun sampai hari ini belum ada tanda tanda bakal ada pasangan calon perseorangan yang berkoordinasi atau konsultasi ke KPU menanyakan syarat atau proses penginputan dukungan.

“Ada atau tidaknya nanti pasangan calon perseorangan kami tetap akan gencar melakukan sosialisasi. Kemudian akan melayani jika ada tim penghubung pasangan.calon perseorangan yang ingin berkonsultasi terhadap tahapan dan proses penginputan dukungan ke Silon,” terang mantan wartawan ini.

Irpanadi juga menjelaskan masa penyerahan dukungan itu dimulai 19 – 23 Februari. Dalam penyerahan wajib dulungan minimal terpenuhi termasuk sebaranya. setelah itu akan dilakukan verifikasi. Mulai terkait kegandaan NIK, Nama, alamat serta jenis kelamin serta kegandaan dukungan akan dilakukan vaktual nantinya. Jika ditemukan ada kekurangan akibat ganda identitas dan dukungan maka pasangan calon wajib memperbaikinya dengan jumlah kekurangan dikali dua.

Kemudian proses vaktual nanti dukungan yang ditemukan ada janggal dilakukan secara sensus. Jika sampai akhir.masa.perbaikan tidak.juga memenuhi.dukungan minimal dan.sebaranya.maka KPU akan menetapkan dukungan tidak memenuhi syarat. Begitu juga sebaliknya jika.dukungan sudah sesuai jumlah minimal dan sebaran juga, maka akan ditetapkan memenuhi syarat.

Nanti akan diketahui dengan mudah jika ada ganda dukungan dan identitas. Dalam penyerahan berkas yang masih kurang maka KPU tidak akan menerima titipan berkas. Melainkan akan mengembalikan dukungan iti ke pasangan calon perseorangan atau tim penghubungnya jika belum.sesuai dengan jumlah dukungan minimal dan sebaranya.

“Mudah mudahan tahap demi tahap proses pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak dengan pilgub pada 23 September 2020 mendatang di Kaur berjalan dengan aman dan lancar,,”demikian Irpanadi.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *