KPU Kaur Bimtek Pelaporan Dana Kampanye

oleh -0 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Senin, Tanggal 21 September 2020, Sekira pukul 09.00 hingga pukul 11.30 Wib bertempat di K Hotel Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur selatan Kabupaten Kaur dilaksanakan kegiatan Bimtek Pelaporan dana Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaur Tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPUD Kaur, Meixxy Rismanto,SE, Divisi Hukum, Radius.SP, Divisi Data, Sirus Legiyati.S.Pd, Divisi Teknis, Irpandi.S.Ikom, Divisi SDM, Yuhardi.SP, Perwakilan Bawaslu, Perwakilan Partai Politik pendukung pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.

Dasar Hukum Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pelaporan dana Kampanye Bupati dan Wakil Bupati Kaur Tahun 2020, UU nomor 6 tahun 2020 penetapan perppu 2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga UU 1 tahun 2015 tentang penetapan perppu 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur,Bupati dan Walikota menjadi UU. PKPU 4 tahun 2017 tentang kampenye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. PKPU 5 tahun 2017 tentang dana kampenye pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. PKPU 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Covid-19.

Acara Bimbingan Teknis Pelaporan dana Kampanye dibuka langsung oleh Ketua KPUD kaur, Meixxy Rismanto.SE. Penyampaian/Materi disampaikan oleh Komisioner Divisi Hukum,Radius.SP, Memberikan pengetahuan apa yang dimaksud dengan dana kampanye,dana kampanye adalah sejumlah biaya berupa uang,barang dan jasa yang di gunakan pasangan calon dan atau partai politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan pasangan calon untuk membiayai kegiatan Kampanye.

Dana kampanye wajib di peroleh,dikelola dan pertanggung jawabkan berdasarkan prinsip legal,akuntabel dan transparan pelaporannya menjadi tanggung jawab pasangan calon. Rekening khusus dana kampenye adalah rekening yang menampung penerimaan dana kampanye berupa uang yang dipisahkan dari rekening pasangan calon dan partai politik atau gabungan partai politik sesuai dalam pasal ( 13 PKPU 5 tahun 2017 ).

Selain itu juga Sumbangan dari badan hukum Swasta wajib di Lampiri akte pendirian badan usaha nilainya paling bayak Rp. 750.000.000 juta,selama masa kampanye. Sumber dana kampanye yang dilarang, Negara Asing,lembaga swasta asing,LSM asing dan warga negara asing, Penyumbang/Pemberi bantuan yang tidak jelas identitasnya,Pemerintah dan pemerintah daerah, BUMN,BUMD dan BUMDES atau sebutan lainnya.

Sanksi Hukum pelanggaran dana kampanye di atur dalam Pasal 51-57 PKPU 5 serta Pasal 187 ayat 5-8 UU nomor 1 tahun 2015. Tujuan dari bimbingan teknis pelaporan dana kampanye pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati ini untuk meminalisir terjadinya pelanggaran oleh Paslon dan partai politik pendukung.

Dalam pelaksanaan Bimtek Pelaporan dana kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaur mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19.(kif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *