Kembangkan Potensi Daerah, Pemkab Kaur dan Pemkab Muara Enim Tandatangangi Mou Pembangunan Akses Jalan Perbatasan

oleh -75 views

BINTUHAN, E-BENGKULU.COM – .Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, M.AP bersama Wakil Bupati Hj. Yulis Suti Sutri, SKM, serta unsur FKPD Kabupaten Kaur menerima kunjungan kerja Plt Bupati Muara Enim Sumsel, H. Juarsah SH, Rabu (15/7/2020). Kunjungan kerja orang nomor satu di Kabupaten Muara Enim beserta rombongannya itu selain untuk bersilaturahmi, juga dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU kerjasama pengembangan pembangunan potensi daerah. Salah satunya yakni rencana pembangunan akses jalan perbatasan dua wilayah tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kaur sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati Muara Enim beserta rombongan. Insya Allah penandatanganan MoU kerjasama antara dua Kabupaten pada pagi hari ini mendapatkan ridho Allah,” ujar Gusril Pausi disela kegiatan penandatanganan Mou kerjasama Pemkab Kaur dan Pemkab Muara Enim, di rumah dinas Bupati Kaur, Rabu (15/7/20).

“Ini sebuah momentum yang sangat berharga. Karena sejarah ini akan terukir sepanjang masa. Sehingga kami berharap bahwa program antara Bupati Kaur dengan Bupati Muara Enim hari ini tentang pembangunan akses jalan perbatasan Muara Enim dan Kabupaten Kaur nantinya dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di bumi Sease Seijean ini menyampaikan, upaya peningkatan konektivitas dengan membangun akses jalan penghubung baru antara Kaur-Muara Enim tersebut merupakan langkah yang tepat. Hal ini sesuai dengan harapan masyarakat yang menginginkan akses cepat, baik dari Kaur menuju Muara Enim maupun sebaliknya.

“Kabupaten Kaur ini terletak paling selatan dari kota Bengkulu, dan berbatasan langsung dengan provinsi Lampung yaitu pesisir barat dan berbatasan juga dengan Muara Enim Selatan. Jarak antar Muara Enim dengan wilayah Kaur hanya 30 kilometer. Jika akses jalan diwilayah perbatasan Kaur-Muara Enim nanti terbuka, perekonomian masyarakat di dua wilayah ini tentu akan meningkat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kaur siap bekerja sama kepada Bupati Muara Enim,”ungkap Gusril Pausi.

Sementara itu, Bupati Muara Enim H.Juarsah, SH mengatakan, potensi ekonomi dan wisata di kawasan perbatasan sangat menjanjikan, termasuk bidang pertanian. Agar potensi tersebut memberikan nilai ekonomi tinggi, harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai. Sehingga arus transportasi yang memadai itu mampu menopang perekonomian. Menurutnya, jika infrastruktur sebagai akses utama transportasi di kawasan perbatasan memadai, maka roda perekonomian masyarakat bakal meningkat.


“Selama ini, untuk melakukan perjalanan darat baik dari Muara Enim ataupun Kaur harus memutar. Dengan dibukanya akses jalan perbatasan ini menjadi connect. Sehingga dengan jarak tempuh yang sangat pendek, maka akan menguntungkan kedua Kabupaten dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan. Juga akan meningkatkan produk dan potensi yang ada di kedua Kabupaten ini. Tentunya ittu harapan kita,” demikian jelas H.Juarsah. (kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *