Kadis PMD: Tidak Semua KK Dapat BLT DD

oleh -20 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur menegaskan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) menunggu revisi RAB desa. Sesuai dengan instruksi Kemendesa PDT, Kementerian dalam negeri serta surat keputusan Menteri Keuangan yang mengatur tata laksana BLT DD.

DD tahun ini diprioritaskan pada tiga jenis yakni, padat karya tunai, penanganan Covid-19 dan penyaluran BLT DD. Khusus BLT DD akan dilakukan singkronisasi data yang ada di Dinas sosial (Dinsos). Mengingat, bagi masyarakat yang sudah menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan kartu prakerja maka tidak lagi menerima BLT DD.

 

Kriteria calon penerima BLT DD sesuai dengan peraturan pemerintah ada 14 item. Namun, terpenuhi sembilan item pun bisa mendapat BLT DD. Pelaksanaan pendataan oleh desa masih dilakukan. Relawan desa mengentri data calon penerima kemudian akan dibawa dalam musyawarah desa untuk ditetapkan. Untuk jumlah penerima setiap desa tentu berbeda, karena tidak semua masyarakat dapat BLT DD.

 

“Ada kriteria penerima BLT DD. Tidak semua Kepala Keluarga (KK) dapat bantuan tersebut. Masyarakat jangan salah tafsir dan pada akhirnya menuduh pemerintah tidak adil,” ujar Kadis PMD Kaur, Asmawi, S.Ag, MM.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *