Jemput Rezeki, 1.389 Calon PPS Test Tertulis

oleh -73 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – KPU Kaur gelar test tertulis bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS), Rabu (4/3/2020) di SMAN 1 Kaur. Test tertulis diikuti 1.389 orang calon yang lolos seleksi administrasi. Dalam test tertulis ini, KPU Kaur membagi tiga sesi agar tidak terjadi antrian panjang dalam ruangan test. Pada pelaksanaan test ini, terdapat 55 peserta yang dinyatakan gugur karena tidak hadir.

Pelaksanaan test tertulis mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Satu pelton Dalmas Sat Sabhara diturunkan langsung dalam pengamanan. Selain itu, polisi juga menurunkan tim pengamanan tertutup. Tim gabungan Sat Intelkam dan Tim Buser Satreskrim Polres Kaur bersiaga disekitar lokasi test.

Komisioner KPU Kaur, Irpanadi, S.IKom,  mengatakan bahwa, proses tahapan selanjutnya setelah tes tertulis ada wawancara. Yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11-13 Maret. Hasil tes tertulis ini akan menentukan untuk enam besar atau dua kali kebutuhan PPS setiap desanya.

Proses pelaksanaan tes tertulis diawasi langsung Bawaslu dan Panwascam di 15 kecamatan. Untuk jenis soal berupa pilihan ganda sebanyak 50 pertanyaan dengan waktu 60 menit pengerjaannya.

“Peserta yang tidak hadir ada yang sedang berada di luar Kabupaten Kaur. Ada juga yang tanpa keteranga. Yang tidak tes tertulis secara otomatis gugur di seleksi enam besar,” ujar Irpanadi.

Diakui Irpanadi, bahwa peserta cukup banyak berasal dari perempuan. Kemudian, jenjang pendidikanya SMA sedrajat dan strata satu atau Sarjana. Pihaknya berharap peserta yang akan menjadi PPS nantinya benar-benar berkualitas dan berintegritas. Sehingga, proses pelaksaan tahapan Pilkada sesuai harapan.

“Jumlah keseluruhan yang mendaftar adalah 1.575. Tapi ada 186 yang tidak lulus administrasi. Akibat ada yang terdaftar di sistem parpol. Serta menjadi saksi parpol di TPS. Termasuk ada yang pernah menjadi caleg di pemilu 2019 lalu,” tegasnya.

Pantauan awak media, usai pelaksanaan test tertulis, lembar soal dibakar yang disaksikan oleh aparat kepolisian, Bawaslu, Panwascam. Pemusnahan lembar soal ini dipimpin langsung oleh komisioner KPU.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *