Jalan Berlumpur, Warga Desa Kedataran Kompak Goro

oleh -112 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Warga Desa Kedataran Kecamatan Maje kompak gotong royong (Goro) perbaiki jalan berlumpur. Ratusan warga desa turun membawa alat tradisional memperbaiki dan penebalan badan jalan yang tergerus air, Jumat (14/2/2020). Goro dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Arahan
ARAHAN: Anggota Babinsa memberi arahaj kepada warga Desa Kedataran sebelum gotong royong dimulai.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga desa, anggota Babinsa dari Koramil Nasal ikut turun membantu perbaikan jalan. Sebelum melakukan goro tersebut, anggota Babinsa memberi pengarahan terlebih dahulu. Ratusan warga dibagi beberapa kelompok untuk memperbaiki jalan. Sehingg, lebih cepat selesai dan mempermudah pekerjaan. Jalan tanah kuning yang berlumpur ini menyulitkan warga mengakses kedunia luar.

Hanya kendaraan roda dua yang mampu melintasi jalan berlumpur ini menggunakan rantai roda tambahan agar tidak tergelincir. Meskipun, sudah menggunakan rantai roda namun pengendara tetap harus waspada agar tidak terjadi kecelakaan. Khususnya, pada musim penghujan seperti saat ini.

Kondisi jalan ini sangat memprihatinkan, pasalnya sangat sulit untuk dilintasi kendaraan. Padahal, warga desa tidak memiliki akses jalan lain untuk membawa hasil pertanian mereka. Diwilayah ini, masyarakat tergolong terisolir dari dunia luar. Bahkan, puluhan tahun warga desa menanti adanya pembangunan jalan yang lebih baik lagi.

Harapan masyarakat, meskipun tidak aspal hotmix namun pengerasan sudah sangat membantu memudahkan warga keluar masuk desa. Apalagi, jarak tempuh yang harus dilalui menelusuri jalan berlumpur ini mencapai puluhan kilometer.

Satu kelompok dipimpin Sekdes, satu kelompok lagi dipimpin ketua BPD dan satu lagi dikomandoi anggota Babinsa yang ikut turun membantu warga perbaiki jalan. Harapan warga desa tahun ini sudah ada kabar baik rencana peningkatan badan jalan poros desa yang sangat memprihatinkan.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *