Jaga Netralitas ASN, Bawaslu Sosialisasi UU Nomor 10 Tahun 2007

oleh -142 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Bawaslu Kaur kiam gencar sosialisasikan UU Nomor 10 tahun 2007 tentang netralitas ASN, pejabat negara dalam Pemilu. Selain itu, Bawaslu juga sosialisasi UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang netralitas Polri, TNI.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 ini dapat terjamin netralitas ASN, pejabat negara, TNI maupun Polri. Sehingga, tidak ada keberpihakan terhadap calon tertentu. Dengan demikian, proses Pilkada tidak tercoreng oleh isu negatif dimasyarakat adanya keterlibatan ASN, pejabat, Polri maupun TNI dalam politik praktis.

Bawaslu juga melakukan pengawasan ketat proses seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh KPU. Dari tahapan awal, pemberkasan administrasi calon PPK dilakukan pengawasan. Bawaslu juga mengeluarkan catatan atau rekomendasi terhadap KPU terkait administrasi calon PPK. Ada yang terindikasi dalam Sipol sehingga perlu diantisipasi.

Hingga saat ini, tahapan tertulis calon PPK sudah dilalui, hasil pengawasan Bawaslu tidak menemukan adanya pelanggaran ataupun data calon PPK yang lolos administrasi terlibat dalam Partai Politik (Parpol).

“Bawaslu mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawasi proses tahapan Pilkada dan seleksi calon PPK. Ruang waktu masa tanggapan masyarakat terkait calon PPK jika ada ditemukan dilapangan hal yang tidak baik maka sampaikan langsung ke Pokja KPU,” seru ketuq bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo, S. Sos.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *