Gusril Pausi: Pers Mengangkat Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital

oleh -73 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Pemerintah Kabupaten Kaur, Senin (10/2/2020) pukul 08.00 WIB gelar upacara mingguan sekaligus peringati Hari Pers Nasional (HPN) ke-74. Upacara digelar dihalaman sekretariat daerah dihadiri oleh bupati, wakil bupati, Sekda, unsur FKPD, kepala OPD, para camat dan pejabat dilingkungan Pemda Kaur.

amanat
AMANAT: Dandim 0408/BS-Kaur, Letkol Inf. Yudha Nugraha menyampaikan amanat Inspektur Upacara peringatan HPN ke-74.

Dengan mengusung tema “Pers Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” diikuti barisan pelajar, ASN, TNI, Polri, jurnalis yang di Kabupaten Kaur. Upacara peringatan HPN juga dihadiri oleh upati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, M.AP, ketua DPRD Kaur, Diana Tulaini, Pabung Kodim 0408, Mayor Inf. m. Zainuddin, Kapolres Kaur, Kajari Kaur, ketua Pengadilan Negeri Bintuhan. Ketua pengadilan agama Bintuhan, Danposal Linau dan ketua serta anggota PWI Kaur.

Petugas upacara yakni Irup Dandim 0408/BS Letkol Inf. Yudha Nugraha. Komandan Upacara Kapten Inf Dimyati, Perwira Upacara Kapten Inf Asimin, Pengerek Bendera PPI Kabupaten Kaur. Pembaca UUD 1945 Nano Setiawan. Pembaca panca prasitya Korpri Ahmad Rusadi. Pengucapa Sapta Marga Serda Heru.

Dalam amanatnya, Irup Letkol Inf. Yudha Nugraha memnyampaikan, Hari ini kita kembali melaksanakan upacara di jajaran pemerintah Kabupten Kaur yang berkaitan dengan HPN ke-74. Selaku Dandim 0408/BS dan Pemerintah Kabupaten Kaur, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional ke-74 bagi insan pers di seluruh Indonesia dan di Kabupaten Kaur pada khususnya.

Foto
FOTO BERSAMA: Bupati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, M.AP foto bersama FKPD, OPD dan pejabat lain usai upacara HPN ke-74.

Peran wartawan yang begitu penting dan di bilang vital dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Berdirinya PWI menjadi wadah dan sarana serta lambang persatuan para wartawan Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia dari bahaya kembalinya penjajahan.

Pemerintah daerah berharap wartwan terus menjalankan fungsi kontrol sosial, aapapun bentuk kritikan disampaikan dengan mengedepankan informasi yang cerdas edukatif dan bermanfaat. Pemerintah mengajak insan pers untuk tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam pemberitaan.

Sementara itu, Bupati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, M.AP mengatakan, pers memiliki peran penting dalam pembangunan. Baim infrastruktur, sosial budaya hingga perekonomian. Oleh karena itu, pemerintah tidak dapat dipisahkan dengan pers sebagai mitra dalam publikasi kegiatan pemerintah menjadi suatu berita yang ditunggu oleh publik.

“Melalui moment HPN ini, pemerintah mengajak seluruh insan pers yang ada sama-sama menjung tinggi etika dalam pemberitaan. Sehingga, mampu menyuguhkan berita yang edukatif, lugas, transparan dan selalu mengedepankan azas kode etik dalam tugas jurnalistik,” ujar bupati.

Pers adalah bagian dari kerangka kenegaraan. Pers selama ini memiliki peran yang penting dalam kemerdekaan. Untuk itu, diera digitalisasi ini, pers juga harus mampu meningkatkan kemampuan siap kejar tayang untuk menyajikan berbagai informasi penting bagi masyarakat.

“Selamat hari pers, semoga tetap komitmen dalam menyajikan berita yang mendidik, akuntable, akurat dan lugas. Memberi informasi yang benar dan tidak menyalahgunakan fungsi pers yang sebenarnya,” papar bupati.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *