DPMD Kaur Latih 72 Direktur BUMDes

oleh -15 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur, Senin (18/11/2019) pukul 09.00 WIB gelar sosialisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020. Acara digelar di ruang aula MTsN 1 Kaur. Peserta sosialisasi DPMD ini 72 direkur Badan Usaha Milik Desa (BUMDe) dan 72 bendaharanya. Hadir sebagai narasumner kegiatan, Kabid Fasilitas Pembangunan Masyarakat Desa, Khairul Habibi. Selain itu sosialisasi ini juga menghadirkan Kabid Pembangunan Masyarakat Desa Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Almidianto.

Dalam arahannya, Khairul Habibi mengatakan, peserta sosialisasi ini diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan baik hingga selesai. Dengan demikian, ke depan memiliki pola fikir dan ide kreatif dalam pengembangan usaha BUMDes. Pengelolaan anggaran yang dikucurkan oleh desa yang dibiayai oleh DD tentu memerlukan keseriusan dan kerja keras. Direktur harus memahami tugas dan fungsinya mengendalikan laju usaha BUMDes. Dengan pengelolaan yang baik, akan menciptakan usaha yang berkembang.

Usaha yang berkembang pesat akan membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sehingga, pengentasan kemiskinan akan terwujud dengan cepat. Setidaknya, membuka lapangan pekerjaan bagi warga desa. Usaha BUMDes yang berkembang pesat akan mengantarkan penghasilan desa dan warga secara permanen. Oleh sebabnya, untuk melahirkan direktur yang handal dipandang perlu adanya sosialisasi ini.

Disamping direktur, tentu manajemen keuangan yang dikelolah oleh bendahara juga sangat menentukan maju mundurnya usaha BUMDes. Maka dari itu, bendahara bagian yang tidak dapat dipisahkan. Bendahara akan membantu direktur mengelolah keuangan BUMDes dalam memajukan usaha.

“Kami harap, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik demi bekal dalam pengelolaan BUMDes yang baik. Dengan demikian, BUMDes akan mewujudkan desa mandiri dalam kelanjutan pembangunan desa,” ujar Khairul Habibi.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *