Door To Door, Penyaluran BLT DD Tri Jaya Sukses

oleh -69 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Penyaluran BLT DD di Desa Tri Jaya Kecamatan Nasal sukses. Meakipun menerapkan sistem door to door menyambangi rumah penerima manfaat secara langsung, pencairan BLT DD desa ini tertib. Tidam ada antrian warga, karena penerima menunggu dirumah masing-masing. Tim relawan Covid-19, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa serta BPD mengantar BLT DD. Mengingat, jarak tempuh antara satu rumah dengan yang lain cukup jauh, sehingga panitia memilih untuk door to door.

Hal ini membantu warga agar tidak repot datang ke posko Covid-19 untuk mengambil BLT DD mereka. Sebanyak 19 kepala keluarga menerima bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu selama tiga bulan. Bantuan yang disalurkan baru tahap I, masih ada dua tahap lagi yang akan dicairkan kemudian hari menunggu petunjuk tekhnis selanjutnya. Bantuan tunai ini sesuai dengan petunjuk Permendes PDT dan Perbup terkait penanganan dampak sosial ekonomi akibat virus corona.

Sistem penyaluran bantuan ini dilakukan demi meringankan beban warga. Sebab, tidak semua penerima memiliki kendaraan. Ada warga yang terpaksa harus naik ojek. Oleh karenanya, panitia mengambil kebijakan untuk langsung mendatangi rumah penerima dengan bantuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Bantuan diberikan penuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa ada pemotongan apapun.

“Dengan semangat kegotongroyongan, penyaluran BLT DD berjalan lancar. Penerima menunggu di rumah masing-masing. Semua yang ditetapkan melalui Musdessus beberapa waktu lalu menerima satu persatu bergiliran,” ungkap Kades Tri Jaya, Wahyudi.

Desa Tri Jaya merupakan salah satu wilayah yang terletak di kawasan pegunungan. Cukup terisolir dari jangkauan akses transportasi yang baik. Apalagi, jika saat musim penghujan jalan yang dilalui sangat ekstrim. Masyarakat di desa ini mayoritas berprofesi sebagai petani atau pekebun. Oleh Karenanya, banyak dampak sosial yang dialami akibat virus corona ini. Namun, sebagian warga lain sudah menerima bantuan sejenis lainnya. Diantaranya, BPNT, PKH dan BST.

“Terima kasih kepada pemerintah yang tetap peduli dengan kondisi masyarakat pedalaman seperti kami ini. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dan membantu warga,” terang Wahyudi.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *