Dilantik, PTPS Ujung Tombak Pengawasan Pemungutan Suara

oleh -0 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pilkada serentak yang bakal digelar pada 9 Desember 2020 di 15 kecamatan se kabupaten di Kaur, memiliki tugas dan peran yang sangat penting dalam pengawasan pelaksanaan pemilihan.

tugas dan kewenangan pengawas TPS di antaranya mengawasi persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan perhitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara. Setelah melantik dimasing masing setiap kecamatan acara pelantikan diadakan bimtek bagi para pengawas TPS. Saat mengisi materi pengawasan ketua Bawaslu Kaur Toni Koswoyo, S,Sos.

“Tidak hanya itu, pengawas TPS juga memiliki kewenangan untuk menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Serta menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara,” ujar Ketua Bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo, S. Sos di bimtek ptps bawaslu kecamatan Maje.

Untuk itu, dia berharap agar pengawas TPS yang terpilih ini nantinya bekerja profesional, berintegritas, adil dan independen.

Bawaslu berharap agar terpilih PTPS yang profesional, berintegritas, adil, dan independen. Sebelumnya, jajaran Bawaslu kabupaten Kaur akan membentuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pilkada 2020.

PTPS akan melakukan tugas pengawasan di 15 Kecamatan di kabupaten Kaur yang menggelar pilkada tahun ini. Pendaftaran Pengawas TPS dibuka mulai 03 hingga 15 Oktober 2020.

Sementara itu dikecamatan Nasal Pengawas TPS di 17 Desa dengan jumlah 49 TPS yang ada di kecamatan Nasal. Setiap TPS harus diawasi satu Pengawas TPS. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, proses pembentukan PTPS harus sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19,sehingga di pelantikan PTPS pun tetap diterapkan.(Kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *